Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Rotating Trio Exchange Tema Indahnya Negeriku Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015

Mardiyono,, Arifin Bachtiar and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2015) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Rotating Trio Exchange Tema Indahnya Negeriku Kelas IV SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Awal.pdf

Download (414kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (310kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas dengan rumusan masalah “Apakah metode pembelajaran Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Tema Indahnya Negeriku kelas IV SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan Motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tema Indahnya Negeriku pada siswa kelas IV dengan menggunakan metode pembelajaran Rotating Trio Exchange. Dalam penelitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta yang berjumlah 30 siswa, subjek pelaku tindakanya itu peneliti dan guru. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Tehnik analisis data yang digunakan dengan menggunakan tehnik diskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tema Indahnya Negeriku Subtema Keindahan Alam Negeriku. Hal ini dapat dilihat dari motivasi siswa kondisi awal 45,27% mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 68,88% dan siklus II sebesar 89,72%. Hasil belajar pada kondisi awal 46,7% mengalami peningkatan pada siklus I 66,7 dan 100% pada siklus II. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Tema Indahnya Negeriku kelas IV SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Hasil Belajar, Rotating Trio Exchange.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 23 Jun 2015 05:55
Last Modified: 12 Oct 2021 06:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33558

Actions (login required)

View Item View Item