TRISNAWATI , LINDA (2009) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP LUAS PERMUKAAN BALOK DAN KUBUS MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF MENYENANGKAN DAN INOVATIF (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMPN I Karangmalang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A410040040.pdf Download (95kB) |
|
PDF
A410040050.pdf Restricted to Repository staff only Download (683kB) |
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui 1) Peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada pembelajaran luas permukaan balok dan kubus melalui pendekatan PAKEMI sehingga batas minimal 65%, 2) peningkatan hasil belajar (prestasi belajar) siswa pada pembelajaran matematika melalui pendekatan PAKEMI hingga batas minimal 65%. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII C SMP N I Karangmalang yang berjumlah 40 siswa, subyek pelaksana tindakan adalah peneliti dan subjek yang membantu pelaksanaan adalah guru matematika kelas VIII SMPN I Karangmalangdan kepaka sekolah. Data dikumpulkan melalui observasi, test, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah 1) adanya peningkatan pemahaman konsep matematika siswa dalam mengeksplorasikan konsep dari 15% hingga mencapai 74%, dalam mengaplikasikan konsep dari 20% hingga mencapai 84,62%, 2) peningkatan hasil belajar siswa dalam mengerjakan soal dari 23,68% hingga mencapai 69,23%. Dari data hasil penelitian disimpulkan bahwa melalui pembelajaran PAKEMI dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dan hasil belajar siswa pada pembelajaran luas permukaan balok dan kubus.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemahaman, PAKEMI, konsep, aplikasi, eksplorasi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 01 Jul 2009 08:08 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 15:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3342 |
Actions (login required)
View Item |