Pengaruh Kegemaran Bermain Game Terhadap Kemampuan Menalar Siswa Di SD N Premulung No 94 Surakarta Tahun 2014/2015

Agata, Liliani and , Drs. Muhroji, S.E., M.Si., M.Pd. (2015) Pengaruh Kegemaran Bermain Game Terhadap Kemampuan Menalar Siswa Di SD N Premulung No 94 Surakarta Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (711kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (178kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (536kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhkegemaran bermain game terhadap kemampuan menalar siswa dan berapa besar pengaruh kegemaran bermain game terhadap kemampuan menalar siswa SD N Premulung No 94 Surakarta tahun 2014/2015. Populasi penelitian ini berjumlah 201 siswa dengan sampel tiga kelas yaitu, kelas III sebanyak 23 siswa, kelas IV 23 siswa dan kelas V 25 siswa.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dengan variabel independen kegemaran bermain game dan variabel dependen kemampuan menalar siswa.Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket, dan tes.Penilaian angket menggunakan respons empat skala dengan nilai 4,3,2,1 untuk angket positif dan 1,2,3,4 untuk angket negatif, penilaian tes menggunakan pilihan multiple choice dengan nilai 1 untuk jawaban benar dan 0 untuk jawaban salah. Untuk menguji validitas butir pertanyaan, menggunakan rumus product momentdengan mencari nilai rxy sebagai angka indeks korelasi antara variabel x dan y, dan untuk menguji reliabilitas menggunakan rumus cronbach’s alphadengan mencari nilai r11 sebagai koefisien reliabilitas. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas.Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi Y= 26,64 + 0,74 X. Hasil analisis uji t dengan taraf signifikansi 0,05diperoleh nilai thitung (18,44) > ttabel (1,67). Karena thitung berada di daerah penolakan H0 maka ada pengaruh antara kegemaran bermain game terhadap kemampuan menalar.Untuk hasil uji koefisien determinasi diperoleh hasil r2sebesar 0,34, yang berarti kegemaran bermain game mempengaruhi kemampuan menalar 34 %. Sisanya, 66 %, kemampuan menalar dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kegemaran, bermain game, kemampuan, menalar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 10 Jun 2015 07:24
Last Modified: 12 Oct 2021 06:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33257

Actions (login required)

View Item View Item