Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa MI Muhammadiyah Ngasem Tahun Pelajaran 2014/2015

NUFRIDA, HESTI and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2015) Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa MI Muhammadiyah Ngasem Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (300kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (70kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (347kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap motivasi belajar siswa, serta seberapa besar pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap motivasi belajar siswa di MI Muhammadiyah Ngasem Tahun Pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan variabel bebas (X) adalah bimbingan belajar orang tua dan variabel terikat (Y) adalah motivasi belajar. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa MI Muhammadiyah Ngasem, sedangkan sampelnya kelas IV, V, dan VI. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Penilaian angket menggunakan skala likert. Uji validitas instrumen yang digunakan adalah uji validitas item dengan menggunakan rumus product moment angka kasar, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach’s alpha. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi Ŷ=12,2+0,88X. Hasil analisis uji t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh nilai thitung (15,26) > ttabel (1,995) sehingga H0 ditolak. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai r2 sebesar 0,76 yang berarti bimbingan belajar orang tua mempengaruhi motivasi belajar 76%. Kesimpulan penelitian ini adalah ada pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap motivasi belajar siswa di MI Muhammadiyah Ngasem Tahun Pelajaran 2014/2015 dan bimbingan belajar orang tua memiliki pengaruh yang besar terhadap motivasi belajar siswa di MI Muhammadiyah Ngasem Tahun Pelajaran 2014/2015 yaitu sebesar 76%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Belajar, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 10 Jun 2015 07:14
Last Modified: 12 Oct 2021 06:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33253

Actions (login required)

View Item View Item