Setya Wati, Rahayu Putra and , Dr. Samino, M.M. (2015) PENINGKATKAN KERJASAMA DALAM PEMBELAJARAN SUB TEMA TUBUHKU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 1 KEMADOHBATUR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf Download (740kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (151kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (90kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Download (348kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama siswa dalam pembelajaran sub tema:tubuhku pada siswa kelas I SD Negeri 1 Kemadohbatur melalui model pembelajaran Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Subyek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas I SD Negeri 1 Kemadohbatur yang berjumlah 16 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki – laki, dan 7 siswa perempuan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kerjasama siswa. Peningkatan kerjasamaterlihat dalam 4 indikator yaituRasa bertanggungjawab kelompok meningkat dari pra siklus sebesar 48%, Siklus I sebesar 64%, dan Siklus II 80%. Semangat kelompok memecahkan masalah meningkat dari pra siklus sebesar 43%, Siklus I sebesar 64%, dan Siklus II sebesar 83%. Interaksi terhadap teman dalam kelompok meningkat dari pra siklus sebesar 46%, Siklus I sebesar 65%, dan Siklus II sebesar 80%. Menghargai pendapat teman kelompok meningkat dari pra siklus sebesar 45%, Siklus I sebesar 68%, dan Siklus II sebanyak sebesar 80%. Peningkatan kerjasama siswakeseluruhan dibuktikan juga dengan peningkatan kriteria kerjasama yang diperoleh data pada pra siklus sebesar 19% kerjasama siswa rendah, siklus I sebesar 56% kerjasama siswa cukup, pada siklus II sebesar 81% kerjasama siswa sangat tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan kerjasama siswa dalam pembelajaran sub tema: tubuhku pada kelas I SD Negeri 1 Kemadohbatur tahun pelajaran 2014/2015.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peningkatan, jigsaw, kerjasama, |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1508 not found. |
Date Deposited: | 09 Jun 2015 08:55 |
Last Modified: | 10 Oct 2021 03:51 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33228 |
Actions (login required)
View Item |