Peran Guru Dalam Membimbing Siswa Disleksia Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sd Negeri 3 Krangganharjo Tahun Ajaran 2014/2015

NUR HALIMAH, UMI and , Drs. Suwarno, S.H, M.Pd (2015) Peran Guru Dalam Membimbing Siswa Disleksia Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Sd Negeri 3 Krangganharjo Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (630kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (184kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (396kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam membimbing siswa disleksia terhadap motivasi belajar siswa di SD Negeri 3 Krangganharjo. Subjek penelitian ini adalah siswa yang mengalami disleksia yang merupakan siswa kelas 2 dan kelas 3 SD Negeri 3 Krangganharjo yang berjumlah 3 orang siswa yang bernama Danis, Arfian, dan Aditya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi perkembangan siswa disleksia setelah mendapat bimbingan dari guru menjadi lebih baik dari sebelumnya. Setelah beberapa kali pertemuan mereka sudah bisa membaca walaupun belum lancar seperti teman-temannya. Artinya pelayanan yang diberikan guru sangat membantu siswa dalam proses belajar membacanya. Ini dibuktikan dengan adanya bimbingan yang diberikan oleh guru sehingga kesulitan belajar membaca yang dialami oleh ketiga siswa secara keseluruhan tinggal 56,67% atau peningkatan yang terjadi sebesar 26,67% dalam 10 kali bimbingan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pemberian bimbingan dari guru sangat membantu siswa disleksia dalam mengatasi kesulitan membaca serta siswa lebih termotivasi dalam belajarnya dengan adanya bimbingan dari guru.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peran, guru, disleksia, motivasi, belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1508 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2015 08:41
Last Modified: 10 Oct 2021 03:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33227

Actions (login required)

View Item View Item