Novitasari, Tri and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2015) Eksperimen Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Problem Based Learning Dan Project Based Learning Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Kartasura Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
3 HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
PDF (Bab I)
4 BAB I.pdf Download (174kB) |
|
PDF (Bab II)
5 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
|
PDF (Bab III)
6 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (502kB) |
|
PDF (Bab IV)
7 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (740kB) |
|
PDF (Bab V)
8 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Lampiran)
10 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
2 NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan masing-masing kategori model pembelajaran, aktivitas belajar matematika dan interaksinya terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2014/2015. Penambilan sempel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Sempel penelitian ini adalah 36 siswa kelas XC dikenai model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sebagai kelompok eksperimen dan 36 siswa kelas D dikenai model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) sebagai kelompok kontrol. Sebelum perlakuan dilakukan uji keseimbangan. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dan angket. Uji coba instrumen meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Uji prasyarat meliputi uji normalitas menggunakan Lilliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan metode Bartlett. Uji hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa: (1) model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) memberikan prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). (2) Prestasi belajar matematika siswa denan aktivitas belajar tingi lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa dengan aktivitas belajar sedang maupun rendah, dan prestasi belajar matematika siswa dengan aktivitas belajar sedang lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa dengan aktivitas belajar rendah. (3) pada masing-masing aktivitas belajar siswa model pembelajaran Problem Based learning (PBL) memberikan prestasi belajar matematika lebih baik dibandingkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PBL,PjBL, Aktivitas belajar dan Prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 21 May 2015 04:00 |
Last Modified: | 09 Oct 2021 04:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33055 |
Actions (login required)
View Item |