Citraan Dalam Kumpulan Puisi Tuhan Kita Begitu Dekat Karya Abdul Hadi W. M.: Kajian Stilistika Dan Implementasinya Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMA

Sarbini, Waqid and , Prof. Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. and , Drs. Adyana Sunanda, M.Pd. (2015) Citraan Dalam Kumpulan Puisi Tuhan Kita Begitu Dekat Karya Abdul Hadi W. M.: Kajian Stilistika Dan Implementasinya Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (554kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (955kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah publikasi.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan latar sosiohistoris Abdul Hadi W. M. sebagai pengarang kumpulan puisi Tuhan Kita Begitu Dekat; (2) Mendeskripsikan citraan yang terkadung dalam kumpulan puisi Tuhan Kita Begitu Dekat karya Abdul Hadi W.M.; (3) Mendeskripsikan implementasi citraan dalam kumpulan puisi Tuhan Kita Begitu Dekat karya Abdul Hadi W.M. sebagai bahan ajar sastra di SMA. Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah citraan yang digunakan dalam kumpulan puisi Tuhan Kita Begitu Dekat. Data penelitian ini berwujud ungkapan dan larik. Sumber data primer penelitian berupa puisi-puisi dalam kumpulan puisi Tuhan Kita Begitu Dekat, sumber data sekundernya yaitu buku, artikel, dan dokumen yang mengacu pada kajian stilistika dan implementasi pendidikan. Subjek penelitiannya adalah Kumpulan puisi Tuhan Kita Begitu Dekat. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pustaka, simak dan catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pembacaan model semiotik. Hasil analisisya adalah (1) Abdul Hadi W.M. adalah seorang sastrawan yang fenomenal, Abdul Hadi WM banyak menciptakan karya-karya yang bagus dan sering mendapatkan penghargaan atas karya ciptaannya tersebut. Ciri kepengarangannya bersifat simbolis untuk pernyataan-pernyataan religius dan mistis dengan pemakaian idiom sufistik tentang masalah hidup manusia, hubungan sesama manusia dan pandangan ketuhanan; (2) Citraan dalam kumpulan puisi Tuhan Kita Begitu Dekat terdiri atas tujuh citraan, yaitu citraan penglihatan, citraan intelektual, citraan gerak, citraan pendengaran, citraan perabaan, citraan pencecapan, dan citraan penciuman; (3) Implementasi citraan dalam kumpulan puisi Tuhan Kita Begitu Dekat karya Abdul Hadi W.M. dapat membentuk karakter siswa untuk menyadarkan paradigma peserta didik mengenai tugas dan kewajibannya sebagai makhluk Tuhan, makhluk sosial, dan sebagai makhluk yang memiliki kepribadian luhur.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Citraan, Kumpulan Puisi Tuhan Kita Begitu Dekat, dan Implementasinya sebagai bahan ajar sastra di SMA.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 May 2015 01:48
Last Modified: 06 Oct 2021 14:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/33041

Actions (login required)

View Item View Item