Pengembangan Kognitif Anak Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri Anakkelompok B Di Tk Pertiwi Keprabon Polanharjo Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014

Ainingrum, Arifatu Kusuma and , Aryati Prasetyarini, S.Pd, M.Pd and , Junita Dwi Wardhani, SE. M,Ed (2014) Pengembangan Kognitif Anak Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri Anakkelompok B Di Tk Pertiwi Keprabon Polanharjo Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (297kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (298kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan kognitif anak menggunakan strategi pembelajaran inkuiri pada anak kelompok B di TK Pertiwi. Penelitian ini penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dua siklus, setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian kelompok B sebanyak enam belas anak dan satu orang guru. Objek penelitian berupa perkembangan kognitif anak. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Target pencapaian yang harus dicapai anak memperoleh skor 2,6; pencapaian perkembangan yang ditargetkan sebanyak 75% anak. Hasil penelitian menunjukan skor rata-rata pada pra siklus 1,87, yang mencapai nilai target pencapaian perkembangan 2 anak sebanyak 18,75%, pada siklus I pencapaian nilai rata-rata 3,02 dan yang telah mencapai target perkembangan 6 anak jadi 62,50%, pada siklus II menjadi 87,50% atau14 anak dengan skor rata-rata 3,49. Analisis data yang digunakan teknik analisis interaktif. Berdasarkan data tersebut anak mengalami peningkatan secara konsisten dari pra siklus, ke siklus I, dan ke siklus II. Hasil penilaian yang ditargetkan 75% anak mencapai target perkembangan ternyata diperoleh 87,50%, telah melebihi target. Dari penelitian dapat disimpulkan, bahwa melalui strategi pembelajaran inkuiri dapat mengembangkan kognitif pada anak kelompok B di TK Pertiwi Keprabon Polanharjo Klaten Tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran inkuiri, Pengembangan kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 1508 not found.
Date Deposited: 12 May 2015 07:55
Last Modified: 18 Oct 2021 04:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32992

Actions (login required)

View Item View Item