Hidayati, Arina and , Drs. Budi Sutrisno, M. Pd (2015) Relevansi Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Kebutuhan Dunia Usaha Dan Insdustri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
![]() |
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (257kB) |
![]() |
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (447kB) |
![]() |
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
![]() |
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
![]() |
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Download (89kB) |
![]() |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (269kB) |
![]() |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
![]() |
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini dirumuskan untuk mengetahui : Pertama isi kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Batang. Kedua tingkat kesesuaian kompetensi lulusan SMK dengan kebutuhan DU/DI. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi. Objek penelitian ini adalah SMK N 1 Batang, dan Perusahaan dengan beberapa macam bentuk usaha di kota Batang-Pekalongan (PT Primatexco Indonesia, Matahari Department Store, Hypermart Indonesia, Koperasi Simpan Pinjam Artha Agung Batang). Berdasarkan hasil penelitian ditemukan beberapa hal berikut : Pertama kurikulum SMK Negeri 1 Batang dibuat dan dievaluasi oleh tiga pihak yaitu pihak sekolah, pihak dunia usaha dan industri (DU/DI), dan dinas pendidikan. Berdasarkan perwakilan ketiga pihak tersebut, kurikulum SMK N 1 Batang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan DU/DI. Kedua kompetensi keahlian akuntansi dan soft skills yang diajarkan sekolah sudah sesuai dengan kebutuhan DU/DI, hanya saja DU/DI menetapkan standar kompetensi yang tinggi dalam rekrutmen kerja, terutama pada bagian akuntansi dan keuangan. Hal ini menyebabkan siswa lulusan SMK N 1 Batang yang bekerja di perusahaan hanya mendapat jabatan yang rendah. Namun jabatan atau karir tersebut dapat naik sewaktu-waktu menyesuaikan dengan kebutuhan dudi dan soft skills yang dimiliki tenaga kerja. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti mengajukan beberapa saran antara lain : Pertama sekolah untuk memonitoring kebutuhan dudi dan melaksanakan program-program sekolah (kurikulum) dengan menyesuaikan kebutuhan dan permintaan dunia usaha dan industri. Kedua Perusahaan untuk memberikan kesempatan bagi calon karyawan dari lulusan SMK yang melamar di perusahaan tersebut.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum, Kompetensi Lulusan SMK, Kebutuhan Dunia Usaha dan industri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Sapta Pujianta, S.I.Pust |
Date Deposited: | 06 May 2015 07:26 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 02:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32973 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |