Sofiantari, Ririn and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2015) Peranan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 1 Jatisari Sambi Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (7MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (58MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (666kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk: (1) untuk mengetahui adakah peranan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas tinggi di SD Negeri 1 Jatisari, Sambi, Boyolali. (2) untuk mendiskripsikan besarnya peranan perpustkaan sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas tinggi. Penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Jatisari, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas tinggi, yaitu siswa kelas IV, V, dan VI SD Negeri 1 Jatisari, Sambi, Boyolali. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa, yang terdiri dari siswa kelas tinggi. Dengan menggunakan teknik sampling stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana yang didahului dengan uji prasyarat analisis Hasil penelitian peranan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 1 Jatisari Sambi, Boyolai menghasilkan temuan sebagai berikut: hasil uji regresi membentuk suatu persamaan garis regresi linier Y = 21,07 + 0,68 X. Nilai = 4,94 > = 2,3685 (4,94 > 2,3685) dengan taraf signifikansi 5%, sehingga Ho ditolak. Dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 46%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) ada peranan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 1 Jatisari, Sambi, Boyolali. (2) peranan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar memberikan sumbangan atau pengaruh sebesar 46% dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas tinggi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peranan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar, motivasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 06 May 2015 03:13 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 05:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32961 |
Actions (login required)
View Item |