Peranan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 1 Jatisari Sambi Boyolali

Sofiantari, Ririn and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2015) Peranan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 1 Jatisari Sambi Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (7MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (666kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) untuk mengetahui adakah peranan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas tinggi di SD Negeri 1 Jatisari, Sambi, Boyolali. (2) untuk mendiskripsikan besarnya peranan perpustkaan sekolah dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas tinggi. Penelitian dilakukan di SD Negeri 1 Jatisari, Kecamatan Sambi, Kabupaten Boyolali. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas tinggi, yaitu siswa kelas IV, V, dan VI SD Negeri 1 Jatisari, Sambi, Boyolali. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa, yang terdiri dari siswa kelas tinggi. Dengan menggunakan teknik sampling stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana yang didahului dengan uji prasyarat analisis Hasil penelitian peranan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 1 Jatisari Sambi, Boyolai menghasilkan temuan sebagai berikut: hasil uji regresi membentuk suatu persamaan garis regresi linier Y = 21,07 + 0,68 X. Nilai = 4,94 > = 2,3685 (4,94 > 2,3685) dengan taraf signifikansi 5%, sehingga Ho ditolak. Dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 46%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) ada peranan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas tinggi SD Negeri 1 Jatisari, Sambi, Boyolali. (2) peranan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar memberikan sumbangan atau pengaruh sebesar 46% dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas tinggi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peranan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar, motivasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 May 2015 03:13
Last Modified: 12 Oct 2021 05:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32961

Actions (login required)

View Item View Item