Peningkatan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Directinstruction ( Di ) Untuk Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah Kota Pekalongan

Tashdiqy, Riyad Hudan and , Drs. Sumardi,M.Si and , Drs. Ariyanto, M.Pd (2015) Peningkatan Pemahaman Konsep Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Directinstruction ( Di ) Untuk Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah Kota Pekalongan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman depan)
00 HALAMAN DEPAN.pdf

Download (7MB)
[img] PDF (Bab I)
01 BAB I .pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Bab II)
02 BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (Bab III)
03 BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab IV)
04 BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (Bab V)
05 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
06 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
09 NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Lampiran)
07 lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujaun untuk meningkatkan pemahaman konsep belajar metematika siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Pekalongan dengan menggunakan metode pembelajaran Direct Instruction. Subjek penelitianya antara lain adalah peneliti yang bertindak sebagai subjek pemberi tindakan, kepala sekolah dan guru matematika sebagai subjek untuk membantu perencanaan dan pengumpulan data, sedangkan siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Pekalongan yang berjumlah 40 siswa sebagai subyek penerima tindakan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tehnik observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa ada peningkatan pemahaman konsep belajar matematika yaitu :1) Antusias siswa dalam mengerjakan soal matematika dipapan tulis secara tepat terdapat 12 (30%) siswa pada putaran I, 19 siswa (47,5%) pada putaran II dan 27 (67,5%) siswa pada putaran III. Dari tiga putaran maka pada putaran I dan II ini terdapat peningkatan dari 30% menjadi 47,5% atau meningkat sebesar 17,5%. Kemudian dari putaran II dan III juga mengalami peningkatan yaitu dari 47,5% menjadi 67,5% atau meningkat sebesar 20%.2) Siswa yang menjawab atau menanggapi pertanyaan yang diajukan guru. Putaran I menunjukkan bahwa siswa yang mencoba menjawab pertanyaan dari guru terdapat 11 (27,5%), 17 (42,5%) pada putaran II dan terdapat 24 (60%) siswa pada putaran III. Dari putaran I dan II ini terdapat peningkatan dari 27,5% menjadi 42,5% atau meningkat sebesar 15%. Kemudian dari putaran II dan III juga mengalami peningkatan yaitu dari 42,5% menjadi 60% atau meningkat sebesar 17,5%. 3) Kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan materi terdapat 11 (27,5%) siswa pada putaran I, 16 siswa (40%) pada putaran II dan terdapat 21 (52,5%) siswa pada putaran III. Dari puatarn I dan II ini terdapat peningkatan dari 27,5% menjadi 40% atau mengalami peningkatan sebesar 12,5%. Kemudian dari putaran II dan III juga mengalami peningkatan yaitu dari 40% menjadi 52,5% atau meningkat sebesar 12,5%.Kesimpulan penelitian ini adalah pemahaman konsep belajar matemetika dapat ditingkatkan dengan model pembelajaran Direct Instruction.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Direct Instruction, Pemahaman Konsep Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Unnamed user with username j120110063
Date Deposited: 05 May 2015 09:49
Last Modified: 09 Oct 2021 03:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32947

Actions (login required)

View Item View Item