Setiarsa, Johan and ., Drs. Muhroji, S.E., M.Si. (2015) Studi Komparasi Strategi Student Facilitator And Explaining Dengan Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri 02 Pulosari Kebakkramat Karanganyar Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (814kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (162kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (133kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (533kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah : (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa SD Negeri 02 Pulosari Kebakkramat, Karanganyar yang menggunakan strategi student facilitator and explaining dan snowball throwing. (2) Mengetahui strategi yang lebih baik antara student facilitator and explaining dan snowball throwing terhadap hasil belajar Ilmu pengetahuan Alam siswa kelas V SD Negeri 02 Pulosari Kebakkramat, Karanganyar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen yang menekankan pada analisa data-data numerical yang diperoleh melalui metode statistika. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 02 Pulosari yang beralamat di Madyantoro, Pulosari, Kebakkramat, Karanganyar. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 42 siswa. Dari hasil pengujian hipotesis didapatkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi student facilitator and explaining dan snowball throwing di SD Negeri 02 Pulosari Kebakkramat Karanganyar pada taraf signifikasi 5%. Berdasarkan ratarata hasil belajar siswa, kelas yang menggunakan strategi student facilitator and explaining memiliki rata-rata sebesar 81,43, sedangkan kelas yang menggunakan strategi snowball throwing memiliki rata-rata sebesar 79,05. Dari data tersebut dapat diketahui bahwa strategi student facilitator and explaining lebih baik dibandingkan dengan strategi snowball throwing. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa SD Negeri 02 Pulosari Kebakkramat, Karanganyar yang menggunakan strategi student facilitator and explaining dan snowball throwing, berdasarkan rata-rata hasil belajar siswa, bahwa strategi student facilitator and explaining lebih baik dibandingkan dengan strategi snowball throwing.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar IPA, snowball throwing; student facilitator and explaining |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 May 2015 07:23 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 05:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32928 |
Actions (login required)
View Item |