Sari, Ratna Rafika and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2015) Peningkatan Hasil Belajar Melalui Strategi Numbered Heads Together (Nht) Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SDN Singopuran 2 Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (396kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (201kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (232kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
PDF (Dafatr Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (452kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar melalui strategi Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV SDN Singopuran 2. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN Singopuran 2 yang berjumlah 20 siswa, sedangkan obyek penelitian adalah hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara analisis interaktif. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang dapat dilihat dari meningkatnya prosentase siswa yang telah mencapai KKM (≥70) yaitu dari 45% siswa pada pra siklus kemudian dilakukan tindakan pada siklus I pertemuan 1 meningkat menjadi 55%, siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 70%, dan pada siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 80% serta pada akhir tindakan meningkat menjadi 85% dan meningkatnya rata-rata nilai hasil belajar yaitu dari 65,5 pada pra siklus kemudian dilakukan tindakan pada siklus I pertemuan 1 meningkat menjadi 67,5 siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi 71,75 dan pada siklus II pertemuan 1 meningkat menjadi 78,75 dan pada akhir tindakan meningkat menjadi 84,75.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil, Belajar, Strategi Numbered Heads Together (NHT) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 05 May 2015 02:04 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 05:15 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32921 |
Actions (login required)
View Item |