Alvianita, Irma Yuliana and , Dr. Samino, M.M. (2015) Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Penerapan Strategi Genius Learning Bagi Siswa Kelas III MIM Slogo Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (212kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (50kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (223kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar matematika melalui penggunaan strategi Genius Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MIM Slogo Tanon Sragen yang berjumlah 14 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan obyek penelitian ini adalah keaktifan belajar siswa.Metode pengumpulan data melalui metode observasi,wawancara, test dan dokumentasi. Teknik analis data melalui diskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan adannya peningkatan hasil belajar melalui penggunaan startegi Genius Learning. Hal inidapat dilihat dari :1) keaktifan kerjasama dalam kelompok yang sebelum dilaksanakan tindakan besar 28,57% dan setelah tindakan mencapai 85,71%, 2) Menjawab pertanyaan yang sebelum dilaksanakan tindakan besar 35,71% dan setelah dilaksanakan tindakan mencapai 78,57%, 3)kekatifan mengerjakan soal yang sebelum dilaksanakan tindakan besar 42,85% dan setelah tindakan mencapai 85,71%, 4)keaktifan mengemukakan pendapat yang sebelum dilaksanakan tindakan besar 28,57% dan setelah dilaksanakan tindakan mencapai 78,57%. Hasil belajar siswa juga meningkat pada pra siklus rata-rata hasil belajar siswa 51,78% sedangkan pada siklus I mencapai 68,57% dan pada siklus II mencapai 78,21%. Kesimpulan penelitian ini adalah Penggunaan strategi Genius Learning untuk meningkatkan keaktifan belajar Matematika siswa kelas III MIM Slogo Tanon Sragen Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan, genius learning, strategi, belajar matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 May 2015 04:42 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 05:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32916 |
Actions (login required)
View Item |