Saputro, Eko and , Dra. Ratnasari Diah Utami, M. Si (2015) Pengaruh Kedisiplinan Dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SDN Wironanggan 01 Tahltn 2a14/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
01 HALAMAN DEPAN.pdf Download (3MB) |
|
PDF (Bab I)
02 BAB I.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Bab II)
03 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
|
PDF (Bab III)
04 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
|
PDF (Bab IV)
05 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
|
PDF (Bab V)
06 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
|
PDF (Lampiran)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (22MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
09 NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di SD N Wironanggan 01. 2) pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di SD N Wironanggan 01. 3) pengaruh kedisiplinan dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di SD N Wironanggan 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SD Negeri Wironanggan 01 Sukoharjo. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Wironanggan 01 yang berjumlah 30 siswa. Sampel pada penelitian ini yaitu sampel populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Kedisiplinan siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar pada siswa kelas IV SD N Wironanggan 01 Tahun 2014/2015. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,359 > 2,052 dan nilai signifikansinya < 0,05 yaitu 0,036. 2) Kemandirian belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar pada siswa kelas IV SD N Wironanggan 01 Tahun 2014/2015. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,148 > 2,052 dan nilai signifikansinya < 0,05 yaitu 0,041. 3) Kedisiplinan dan kemandirian belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar pada siswa kelas IV SD N Wironanggan 01 Tahun 2014/2015. Berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 19,605 > 3,39 dan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kedisiplinan, kemandirian, prestasi, belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 30 Apr 2015 07:47 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 04:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32891 |
Actions (login required)
View Item |