Kemampuan Membaca Cepat Mahasiswa Semester II Program Studi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta 2015

Ervannudin, Nur and , Dr. Samino, M.M. (2015) Kemampuan Membaca Cepat Mahasiswa Semester II Program Studi PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (620kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF (BAb IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKA PUBLIKASI.pdf

Download (801kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kemampuan kecepatan membaca mahasiswa semester II prodi PGSD FKIP UMS 2015, (2) kemampuan pemahaman membaca mahasiswa semester II prodi PGSD FKIP UMS 2015, (3) kemampuan membaca cepat mahasiswa semester II prodi PGSD FKIP UMS 2015. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester II prodi PGSD FKIP UMS 2015. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan adalah credibility, transferability dan confirmabilyty. Teknik analisis data yang diterapkan adalah reduksi data, paparan data dan verifikasi data. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: (1) kecepatan membaca mahasiswa tertinggi 311 KPM, terendah 165 KPM dan rata-rata 206 KPM, (2) pemahaman membaca tertinggi adalah 90%, terendah 20% dan rata-rata adalah 54%. (3) kemampuan membaca cepat mahasiswa semester II prodi PGSD FKIP UMS 2015tertinggi adalah 198, terendah 33 dan rata-ratanya adalah 109. Kesemua hasil kecepatan, pemahaman dan kemampuan membaca cepat dipengaruhi faktor penghambat dan penunjang yang berupa kebiasaan dalam membaca. Mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia melakukan usaha untuk mengurangi kebiasaan yang dapat menghambat kecepatan, pemahaman dan kemampuan membaca cepat berupa penugasan dan latihan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecepatan, pemahaman, kemampuan, membaca cepat.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 30 Apr 2015 06:53
Last Modified: 12 Oct 2021 04:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32890

Actions (login required)

View Item View Item