, Sumiyati and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2015) Metode Pembelajaran CTL Sebagai Upaya Meningkatkan Penguasaan Materi Tentang Pemahaman Teks Bacaan Pada Siswa Kelas V SDN 02 Tawangsari Kecamatan Kerjo Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (10MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (60kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (119kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (44kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (51MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan materi tentang pemahaman teks bacaan pada siswa kelas V semester I SD Negeri 02 Tawangsari Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/ 2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V di SD Negeri 02 Tawangsari Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada pembelajaran pra siklus dari 30 siswa kelas V SD Negeri 02 Tawangsari Kecamatan Kerjo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 hanya 12 siswa yang mencapai ketuntasan, sedang siklus III ketuntasan siswa dalam penguasaan materi teks bacaan dari 30 siswa tinggal 2 siswa atau sebanyak 7 % yang belum mencapai taraf tuntas. Dengan demikian Hipotesis tindakan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini adalah “ Penggunaan metode pembelajaran CTL dapat meningkatkan hasil belajar tentang pemahaman teks bacaan pada siswa kelas V SD Negeri 02 Tawangsari Tahun Pelajaran 2012/2013, dapat diterima dan teruji kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode CTL, penguasaan materi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 30 Apr 2015 04:40 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 03:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32884 |
Actions (login required)
View Item |