Korelasi Antara Bimbingan Belajar Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Di SDN Premulung No.94 Surakarta Tahun Ajaran 2014/ 2015

Setiyani, Irma and , Dr. Samino, M.M. (2015) Korelasi Antara Bimbingan Belajar Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa Di SDN Premulung No.94 Surakarta Tahun Ajaran 2014/ 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN .pdf

Download (605kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (383kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (436kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (820kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI .pdf

Download (503kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya hubungan antara bimbingan belajar orang tua dengan prestasi belajar siswa di SDN Premulung No.94 Surakarta Tahun Ajaran 2014/ 2015, (2) Seberapa besar hubungan antara bimbingan belajar orang tua dengan prestasi belajar siswa di SDN Premulung No.94 Surakarta tahun ajaran 2014/ 2015. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sedangkan desain penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas tinggi yaitu kelas IV, V, dan VI yang berjumlah 106 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 52 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah stratified sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner atau angket, dokumentasi, wawancara dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan penghitungan statistik “ Korelasi Product Moment “ yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji linieritas. Dari hasil analisis diperoleh rerata empirik bimbingan belajar orang tua 75,15 artinya bimbingan belajar orang tua pada subyek tergolong sedang karena berada pada interval 71,796- 78,504. Sedangkan prestasi belajar memiliki rerata empirik sebesar 80,98 artinya prestasi belajar pada subyek tergolong sedang karena berada pada interval 76,3035- 85,6565. Berdasarkan hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% hasil menunjukkan bahwa (rhitung = 0,920; p< 0,05) yang berada pada arah yang positif dengan korelasi yang sangat kuat. Sumbangan efektif variabel bimbingan belajar orang tua sebesar 84,6% yang ditunjukkan oleh koefisien determinan (r2) sebesar 0,846. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara bimbingan belajar orang tua dengan prestasi belajar siswa di SDN Premulung No. 94 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bimbingan, belajar, orang tua, prestasi, belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Setiawan Setiawan BL
Date Deposited: 24 Apr 2015 07:50
Last Modified: 12 Oct 2021 03:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32845

Actions (login required)

View Item View Item