ANGGRAINI, EMMY and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd AUD (2015) Upaya Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak Melalui Metode Bermain Peran Di TK Kelompok B Pertiwi Mencil Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf Download (160kB) |
|
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (217kB) |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
|
PDF (Bab 5)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (540kB) |
Abstract
Metode bermain peran merupakan metode yang menarik dan menyenangkan bagi anak usia dini yang akan belajar berbahasa dan berkomunikasi dengan lawan bicaranya. Realitas yang terjadi dalam kegiatan belajar di Taman Kanak-kanak banyak guru yang masih menggunakan metode yang monoton dalam mengembangkan kecerdasan linguistik/ berbahasa anak. Metode yang digunakan tidak mengajak untuk anak ikut peran aktif dalam setiap kegiatan yang diberikan guru, anak hanya duduk dimeja dan mendengarkan cerita yang dibacakan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan linguistik anak di TK Pertiwi Mencil Nogosari Tahun ajaran 2014-2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan prosedur kerja 2 (dua) siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah guru dan 16 anak kelompok B TK Pertiwi Mencil Nogosari. Hasil penelitian menyatakan bahwa dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan kecerdasan linguistik anak di TK Pertiwi Mencil Nogosari Boyolali. Adapun peningkatan rata-rata prosentase kecerdasan linguistik anak dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II yakni pra siklus 52,96%, siklus I mencapai 66,25%, siklus II mencapai 84,21%. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan terhadap kecerdasan linguistik anak dengan metode bermain peran di TK Pertiwi Mencil Tahun ajaran 2014-2015.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan linguistik, Metode bermain peran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 21 Apr 2015 07:56 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 07:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32818 |
Actions (login required)
View Item |