Wardani, Ema Dwi and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2015) Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Discovery Learning Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Bulukerto Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (167kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (208kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (737kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (832kB) |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan peningkatan keterampilan pemecahan masalah dengan subyek siswa SMP Negeri 1 Bulukerto kelas VIII A semester genap tahun ajaran 2014/2015 melalui strategi pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa nilai tes pada siklus I dan siklus II. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan pemecahan masalah matematika yang dapat dilihat dari: 1) siswa mampu memahami masalah sebelum tindakan 36,67%, siklus I 53,33%, dan siklus II 70,00%, 2) siswa mampu merencanakan penyelesaian masalah sebelum tindakan 30,00%, siklus I 56,67%, dan siklus II 76,67%, 3) siswa mampu melaksanakan penyelesaian masalah sesuai rencana sebelum tindakan 23,33%, siklus I 46,67%, dan siklus II 73,33 % 4) siswa mampu melakukan pengecekan kembali terhadap semua langkah sebelum tindakan 16,67%, siklus I 43,33%, dan siklus II 73,33%. Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan, masalah matematika, discovery learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 Apr 2015 04:06 |
Last Modified: | 09 Oct 2021 02:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32791 |
Actions (login required)
View Item |