Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Discovery Learning Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Bulukerto Tahun Ajaran 2014/2015

Wardani, Ema Dwi and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd (2015) Peningkatan Keterampilan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Discovery Learning Pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 1 Bulukerto Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (832kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendiskripsikan peningkatan keterampilan pemecahan masalah dengan subyek siswa SMP Negeri 1 Bulukerto kelas VIII A semester genap tahun ajaran 2014/2015 melalui strategi pembelajaran Discovery Learning. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa nilai tes pada siklus I dan siklus II. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan pemecahan masalah matematika yang dapat dilihat dari: 1) siswa mampu memahami masalah sebelum tindakan 36,67%, siklus I 53,33%, dan siklus II 70,00%, 2) siswa mampu merencanakan penyelesaian masalah sebelum tindakan 30,00%, siklus I 56,67%, dan siklus II 76,67%, 3) siswa mampu melaksanakan penyelesaian masalah sesuai rencana sebelum tindakan 23,33%, siklus I 46,67%, dan siklus II 73,33 % 4) siswa mampu melakukan pengecekan kembali terhadap semua langkah sebelum tindakan 16,67%, siklus I 43,33%, dan siklus II 73,33%. Berdasarkan uraian diatas disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan, masalah matematika, discovery learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Apr 2015 04:06
Last Modified: 09 Oct 2021 02:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32791

Actions (login required)

View Item View Item