Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu Melalui Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Masaran 2014/2015

Susilowati, Dewi and , Drs. M. Yahya, M.Si (2015) Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Terpadu Melalui Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Masaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (9MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar IPS Terpadu melalui penerapan strategi Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas 7.8 SMP Negeri 2 Masaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 7.8 SMP Negeri 2 Masaran yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, dokumentasi dan tes yang diperoleh dari setiap tindakan. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi teknik komparasi dan teknik analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Sebelum dilaksanakan tindakan diperoleh rata-rata keaktifan siswa sebesar 34,37% dan setelah dilaksanakan tindakan rata-rata keaktifan siswa meningkat menjadi 57,81% pada siklus I dan 80,47% pada siklus II. Keaktifan siswa dalam beberapa indikator juga meningkat dari siklus I sampai siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan memiliki rata-rata sebesar 56,25% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 68,75% pada siklus I dan 90,63% pada siklus II. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi Numberd Heads Together (NHT) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas 7.8 SMP Negeri 2 Masaran Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, hasil belajar, strategi Numbered Heads Together (NHT).
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Apr 2015 04:40
Last Modified: 10 Oct 2021 14:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32750

Actions (login required)

View Item View Item