Devi Dhamar Sakti, Evita and , Wiwin Dinar Pratisti, M.Si. (2015) Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Coping Stress Pada Siswa Akselerasi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf Download (154kB) |
|
PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (354kB) |
|
PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (260kB) |
|
PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
09. Daftar Pustaka.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (29MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
02. Naskah Publikasi.pdf Download (861kB) |
Abstract
Siswa akselerasi merupakan siswa berbakat yang mengikuti program percepatan belajar dengan menempuh studi dalam waktu yang lebih singkat dari siswa regular. Sehingga siswa akselerasi dituntut untuk menguasai materi dengan waktu singkat serta dituntut untuk selalu berprestasi sesuai dengan ketentuan yang ada. Siswa akselerasi tingkat SMA berada pada rentang usia remaja, yang dituntut untuk menyelesaikan tugas-tugas di masa perkembangan remaja pada umumnya. Dengan begitu siswa SMA akselerasi berada pada situasi yang penuh dengan tuntutan, sehingga dapat mengakibatkan siswa rentan terhadap stres. Siswa akselerasi memerlukan dukungan sosial untuk meningkatkan coping stress, supaya siswa memiliki kemampuan yang baik dalam menyelesaikan setiap masalah yang sedang dihadapi. Sehingga selain memiliki kecerdasan IQ, siswa juga memiliki kecerdasan pada kemampuan menyelesaikan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan coping stress pada siswa akselerasi. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan antara dukungan sosial dengan coping stress pada siswa akselerasi. Subjek penelitian ini adalah siswa akselerasi SMAN 1 Klaten, SMAN 1 Sukoharjo, dan SMAN 1 Boyolali. Subjek yang diambil berjumlah 55 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode pengambilan data dengan menggunakan skala coping stress dan dukungan sosial yang kemudian dianalisis dengan menggunakan kolerasi product moment dengan bantuan aplikasi SPSS 15. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungan sosial dengan coping stress pada siswa akselerasi, dimana nilai koefisien kolerasi (r) sebesar 0,697; p = 0,000 (p < 0,01). Sumbangan efektif variabel dukungan sosial dengan coping stress sebesar 48,6 %, dengan koefisien determinan (R²) sebesar 0,486. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa variabel coping stress mempunyai rerata empirik (RE) sebesar 126,80 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 95 yang menunjukkan kategori tinggi, sedangkan variabel dukungan sosial mempunyai rerata empirik (RE) sebesar 99,13 dan rerata hipotetik (RH) 75 sebesar yang menunjukkan kategori tinggi
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | coping stress, dukungan sosial, siswa akselerasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Setiawan Setiawan BL |
Date Deposited: | 14 Apr 2015 07:30 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 13:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32718 |
Actions (login required)
View Item |