Keberfungsian Distraktor dan Tingkat Kesulitan Butir Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Pada Ulangan Akhir Semester Gasal Kelas VIII A SMP N 4 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014

Ernawati, Ernawati and , Dra. Atiqa Sabardila, M, Hum. (2015) Keberfungsian Distraktor dan Tingkat Kesulitan Butir Soal Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Pada Ulangan Akhir Semester Gasal Kelas VIII A SMP N 4 Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (427kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (666kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (112kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (337kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis distraktor dan tingkat kesulitan pada soal ulangan akhir semester gasal tahun ajaran 2013/2014 kelas VIII A SMP N 4 Sukoharjo. Penelitian ini mengumpulkan data dengan menggunakan metode observasi dan teknik pengumpulan wawancara. Metode pengolahan data menggunakan Content analysis dan teknik dokumentasi. Ulangan akhir semester gasalkelas VIII jumlah soal pilihan ganda ada 50 butir item. Setiap butir item terdiri dari empat alternatif jawaban yaitu A, B, C, dan D. Alternatif jawaban terdiri dari satu kunci jawaban benar dan tiga distraktor. Menentukan distraktor itu berfungsi atau tidak dapat dihitung dengan menggunakan rumus P = jumlah testee yang memilih alternatif/jumlah testee seluruhnya X 100%. Hasil perhitungan jika lebih dari 5% distraktor dikatakan berfungsi apabila kurang dari 5% tidak berfungsi. Tingkat kesulitan soal juga dianalisis dari data yang telah diperoleh, hasil dari pengolahan data digolongkan pada rentang nilai dari soal yang terlalu sulit, sedang, dan soalterlalu mudah. Hasil analisis tingkat perbandingan keberfungsian distraktor. Kelas A distraktor yang berfungsi ada 177 dan tidak berfungsi 83. Pada tingkat kesulitan 32 butir soal termasuk dalam kategori terlalu mudah dikerjakan, terdapat pada nomor soal 1, 3, 4, 5, 7, 9, 10, 16, 17, 20, 22, 23, 24, 25, 26 ,28, 29, 30, 33, 34, 35, 36, 37, 38, 39, 41, 42, 43, 45, 47, 48, dan 50). Soal berjumlah 5 butir termasuk dalam kategori terlalu sukar dikerjakan, terdapat pada nomor soal (12, 13, 14, 21, dan 31). Soal berjumlah 13 butir soal termasuk dalam kategori soal yang cukup (sedang), terdapat pada nomor soal (2, 6, 8, 11, 15, 18, 19, 27, 32, 40, 44, 46, dan 49).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Distraktor dan Tingkat Kesulitan Soal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Apr 2015 04:11
Last Modified: 06 Oct 2021 13:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32698

Actions (login required)

View Item View Item