Penguatan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Sebagai Upaya Pengendalian Pelanggaran Norma Agama (Studi Kasus di MTs Mahadul Muta’alimin Katerban Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2013/2014)

Sukatmanto, Didik and , Drs. Suyahman, M.H, M.Si. (2014) Penguatan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Sebagai Upaya Pengendalian Pelanggaran Norma Agama (Studi Kasus di MTs Mahadul Muta’alimin Katerban Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (458kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
1.HALAMAN DEPAN.pdf

Download (897kB)
[img] PDF (Bab I)
2.BAB I.pdf

Download (118kB)
[img] PDF (Bab II)
3.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab III)
4.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab IV)
5.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
7.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (Lampiran)
8.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kegiataan kepramukaan dilaksanakan melalui gugus depan gerakan pramuka yang berpangkalan di sekolah dan merupakan upaya pembinaan melalui proses kegiatan belajar. Pendidikan pramuka mempunyai fungsi salah satunya yaitu pembinaan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan bentuk-bentuk pengendalian pelanggaran norma di MTs Mahadul Muta’alimin Katerban Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2013/2014; (2) mendeskripsikan kendala dalam penguatan kegiatan ekstrakurikuler pramuka sebagai upaya pengendalian pelanggaran norma di MTs Mahadul Muta’alimin Katerban Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2013/2014; serta (3) mendeskripsikan solusi untuk mengatasi hambatan penguatan kegiatan ekstrakurikuler pramuka sebagai upaya pengendalian pelanggaran norma di MTs Mahadul Muta’alimin Katerban Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini berjenis kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, pembina gerakan pramuka dan siswa MTs Mahadul Muta’alimin Katerban Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis yang akan digunakan adalah model interaktif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang positif secara teoritis atau pun praktis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bentuk-bentuk pengendalian pelanggaran norma agama kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MTs Mahadul Muta’alimin Katerban Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2013/2014, dilakukan melalui : sholat berjamaah, membaca surat-surat pendek beserta artinya, meyakinkan bahwa Allah itu satu, dilakukan kultum sebaya,dilakukan lombalomba yang bernuansa Agama. 2) kendala dalam penguatan kegiatan ekstrakurikuler pramuka sebagai upaya pengendalian pelanggaran norma agama di MTs Mahadul Muta’alimin Katerban Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2013/2014, yaitu: pembina kurang kreatif, siswa kurang termotifasi, sarana dan prasarana kurangdukungan dari kepala sekolah. 3) solusi untuk mengatasi hambatan penguatan kegiatan ekstrakurikuler pramuka sebagai upaya pengendalian pelanggaran norma agama di MTs Mahadul Muta’alimin Katerban Kabupaten Ngawi Tahun Pelajaran 2013/2014, yaitu: pembina harus memberikan keteladanan dalam sikap, perilaku,dan perbuatan, menegur siswa yang tidak menjalankan sholat tepat waktu.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penguatan, ekstrakurikuler, pramuka, pengendalian, pelanggaran, norma agama.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Apr 2015 02:35
Last Modified: 19 Oct 2021 07:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32695

Actions (login required)

View Item View Item