Mustikasari, Rahmawati Dewi and , Dr. Samino, M.M. (2015) Penanganan Bullying Di SD Negeri 3 Manggung Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (646kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (157kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (199kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (360kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bullying dan penanganannya di SD Negeri 3 Manggung Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa pelaku dan atau korban bullying, kepala sekolah, dan guru-guru SD Negeri 3 Manggung. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian, diperoleh hasil bentuk-bentuk bullying yang terjadi adalah bullying fisik bullying verbal dan bullying psikologis.. Bullying fisik berupa memukul, mendorong, meminjam barang milik orang lain secara paksa, merusak barang-barang milik orang lain, mencubit, menendang, menyenggol bahu, dan menarik baju teman. Bullying verbal berupa: memberi nama julukan, menyoraki, dan membentak. Dan bullying psikologis berupa memelototi dan memandang dengan sinis, namun bullying psikologis tidak sering terjadi seperti bullying fisik atau bullying verbal. Penyebab terjadinya bullying dikarenakan oleh fakktor keluarga, faktor lingkungan, faktor sekolah, faktor teman pergaulan, dan faktor lain seperti media. Penanganan bullying yang dilakukan oleh pihak sekolah adalah: 1) Pencegahan, dengan cara menanamkan pendidikan karakter yang terdiri: Melaksanakan sholat dhuha ketika jam istirahat untuk mencegah siswa melakukan bullying, melaksanakan kegiatan baca tulis Al- Quran untuk mencegah siswa melakukan bullying. 2) Pengawasan, yang terdiri dari: meningkatkan pengawasan terhadap siswa, menesehati siswa yang melakukan bullying, memberi perhatian kepada siswa pelaku bullying. 3)Penanganan, dengan cara melakukan pembinaan kepada siswa, memberi contoh cara berteman dan menjalin hubungan baik, serta melakukan Intervensi, yakni dengan menginformasikan tentang keadaan siswa kepada wali murid agar orang tua siswa lebih memperhatikan siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bullying, Bentuk-bentuk, Penyebab, Penanganan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Setiawan Setiawan BL |
Date Deposited: | 10 Apr 2015 08:27 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 20:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32675 |
Actions (login required)
View Item |