HANDAYANI, ATIK TRI and , Dra. Ratnasari Diah Utami, M. Si (2015) Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Di SD Muhammadiyah 4 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (445kB) |
|
PDF (Bab 1)
BAB I.pdf Download (29kB) |
|
PDF (Bab 2)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (165kB) |
|
PDF (Bab 3)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) |
|
PDF (Bab 4)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (271kB) |
|
PDF (bab 5)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (21kB) |
|
PDF (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Naskah publikasi)
naskah publikasi.pdf Download (252kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap, motivasi belajar siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Surakarta tahun ajaran 2014/2015, (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Muhammadiyah 4 Surakarta tahun ajaran 2014/2015. Sampel yang digunakan adalah siswa seluruh kelas IV yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik regresi linier sederhana, uji t, uji F, dan uji determinasi. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pengelolaan kelas berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 4 Surakarta tahun ajaran 2014/2015 yang ditunjukkan dengan uji hipotesis yang diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel yaitu 4,594 > 2,045 sedangkan perolehan dari uji keberartian linier adalah (0,000 < 0,05) dan f hitung > f tabel dengan df (1, 30) α = 5%, maka (21,102 > 4,17 ), (2) Dari hasil uji determinasi sebesar 0,413 menunjukkan bahwa pengelolaan kelas berpengaruh cukup besar terhadap motivasi belajar di SD Muhammadiyah 4 Surakarta tahun ajaran 2014/2015 yang ditunjukan dengan hasil uji determinasi (R2) sebesar 0,413 artinya bahwa besarnya pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar adalah sebesar 41,3 %, sedangkan 58,7 % sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Kelas dan Motivasi Belajar. |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 07 Apr 2015 08:50 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 20:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32652 |
Actions (login required)
View Item |