Hidayah, Isna Nur and , Dra. Risminawati, M.Pd (2015) Peningkatan Minat Belajar Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Physical Self Assessment Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Gilirejo Sragen Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (242kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (56kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (233kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (31kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (168kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan minat belajar melalui penerapan strategi pembelajaran Physical Self Assessment Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan siswa kelas V SD Negeri 1 Gilirejo, Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen. (2) Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu merupakan suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran di kelasnya untuk dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini difokuskan pada tindakan-tindakan sebagai usaha untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa dalam Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan. Subjek penerimaan tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Gilirejo yang berjumlah 30 siswa, subjek pelaku tindakan guru (peneliti). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, paparan data dan penarikkan kesimpulan. Indikator minat belajar pada penelitian ini meliputi partisipasi aktif dalam pembelajaran, memberikan perhatian pada pembelajaran, ketertarikan terhadap proses pembelajaran, dan rajin dalam belajar. Hasil penelitian menunjukkan minat dan hasil belajar siswa pada Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan dengan rata-rata partisipasi aktif dalam pembelajaran pada kondisi awal sebesar 35,00%, siklus I sebesar 42,49%, siklus II sebesar 60,83%. Memberikan perhatian pada pembelajaran pada kondisi awal sebesar 34,16%, siklus I sebesar 47,08%, siklus II 69,99%. Ketertarikan terhadap proses pembelajaran kondisi awal sebesar 31,66%, siklus I sebesar 44,16%, siklus II 66,24%. Rajin dalam belajar pada kondisi awal sebesar 32,50%, siklus I sebesar 49,16%, siklus II sebesar 64,58%. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Physical Self Assessment dapat meningkatkan minat belajar dan hasil belajar siswa kelas V pada tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan di SD Negeri 1 Gilirejo, Kecamatan Miri, Kabupaten Sragen tahun ajaran 2014/2015
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Belajar, Physical Self Assessment |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Setiawan Setiawan BL |
Date Deposited: | 06 Apr 2015 08:28 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 20:20 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32640 |
Actions (login required)
View Item |