Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Strategi Two Stay Two Stray Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri Wonorejo 02 Tahun Ajaran 2014/2015

Fitriani, Arifa Nur and , Dra. Risminawati, M.Pd (2015) Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Strategi Two Stay Two Stray Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan Pada Siswa Kelas V Di SD Negeri Wonorejo 02 Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan.pdf

Download (785kB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I .pdf

Download (164kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (141kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. Lampiran .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. Naskah Publikasi.pdf

Download (534kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar melalui penerapan strategi Two Stay Two Stray tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan pada siswa kelas V di SD Negeri Wonorejo 02 Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah guru (peneliti) dan siswa kelas V SD Negeri Wonorejo 02 yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triagulasi metode. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan, hal ini dapat dilihat dari: Adanya penghargaan dalam belajar, pra siklus 50%, siklus I 66,87%, siklus II 85%. Tekun dalam menghadapi tugas, pra siklus 47,5%, siklus I 67,5%, siklus II 86,87%. Ulet menghadapi kesulitan, pra siklus 43,75%, siklus I, 56,87%, siklus II 78,12%. Selalu berusaha berprestasi sebaik mungkin, pra siklus 46,25%, siklus I 66,25%, siklus II 83,12%. Senang, rajin belajar, dan penuh semangat, pra siklus 51,25%, siklus I 70,62%, siklus II 88,12%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan strategi Two Stay Two Stray dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri Wonorejo 02.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, belajar, two stay two stray
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Setiawan Setiawan BL
Date Deposited: 06 Apr 2015 07:27
Last Modified: 11 Oct 2021 20:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32635

Actions (login required)

View Item View Item