Peningkatan Kemampuan Berhitung Dalam Pembelajaran Sub Tema Gemar Bernyanyi Dan Menari Melalui Metode Contextual Teaching And Learning Kelas 1 Sd Negeri 1 Sembungharjo Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2014/2015

Olfa, Sartika Maria and , Dr. Samino, M.M. (2014) Peningkatan Kemampuan Berhitung Dalam Pembelajaran Sub Tema Gemar Bernyanyi Dan Menari Melalui Metode Contextual Teaching And Learning Kelas 1 Sd Negeri 1 Sembungharjo Kecamatan Pulokulon Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Manuscript publication)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (369kB)
[img] PDF (Front page)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (909kB)
[img] PDF (Chapter I)
BAB I.pdf

Download (128kB)
[img] PDF (Chapter II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Chapter III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Chapter IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] PDF (Chapter V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (References)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Appendix)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Peningkatan Kemampuan Berhitung Menggunakan Metode Contextual Teaching And Learning Di SD 1 Sembungharjo Metode Dalam Penelitian Ini Adalah Merupakan Penelitian Tindakan Kelas Dimana Peneliti Sekaligus Guru SD N 1 Sembungharjo Kecamatan Pulokulon Sebagai Pelaksana Tindakan.Subjek Penelitian Ini Adalah Anak Kelas II SD N 1 Sembungharjo Yang Berjumlah 32 Anak. Metode Yang Digunakan Dalam Pengumpulan Data Yaitu Dengan Observasi, Tes Dan Untuk Pengumpulan Data Antara Lain Dokumentasi.Teknik Analisis Data Yang Digunakan Yaitu Analisis Deskriptif Kuantitatif Yaitu Dengan Membandingkan Skor Rata-Rata Dalam Tiap Siklus. Hasil Penelitian Ini Menunjukkan Bahwa: 1) Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II SD N 1 Sembungharjo Dapat Ditngkatkan Dengan Menggunakan Metode Contextual Teaching And Learning . Langkah-Langkah Yang Dilakukan Adalah Sebagai Berikut: A) Guru Membuka Pelajaran, B) Guru Mengajak Menyanyikan Lagu Naik-Naik Kepuncak Gunung, C) Guru Meminta Anak-Anak Untuk Duduk Sesuai Kelompoknya, D) Guru Mengajak Anak Menceritakan Pengalaman Sebelum Kesekolah, E) Guru Menjelaskan Tema, F) Bertanya-Jawab Tentang Tema, G) Memperkenalkan Media Yang Sering Dijumpai Pada Kehidupan Sehari-Hari, H) Anak Diminta Membuka Buku Siswa Yang Sudah Tersedia, I)Siswa Diminta Mengerjakan Tugas Yang Ada Dibuku Siswa Tentang Berhitung L) Mengenalkan Hasil Penjumlahan. 2) Terjadi Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Pada Pelaksanaan Siklus I Dari 32 Anak Kelas II SD N 1 Sembungharjo Yang Dinyatakan Tuntas Belajar Sebanyak 23 Anak Dengan Nilai Rata-Rata 71,875%. Setelah Siklus II Sebanyak 28 Anak Telah Memenuhi Ketuntasan Belajar Denagn Nilai Rata-Rata Kelas Yaitu 87,50%, Sehingga Semua Sudah Mencapai Ketuntasan Belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan, berhitung, metode.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 01 Apr 2015 08:29
Last Modified: 15 Oct 2021 03:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32618

Actions (login required)

View Item View Item