FAUZIYAH, Nurul and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2015) Peningkatan Minat Belajar IPS Melalui Penerapan Strategi The Power Of Two Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pajang III No. 206 Surakarta Tahun 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
3. HALAMAN AWAL.pdf Download (946kB) |
|
PDF (Bab I)
4. BAB I.pdf Download (207kB) |
|
PDF (Bab II)
5. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) |
|
PDF (Bab III)
6. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
|
PDF (Bab IV)
7. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) |
|
PDF (Bab V)
8. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (145kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
1. NASKAH PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPS melalui penerapan strategi The Power of Two pada siswa kelas V SD Negeri Pajang III No. 206 Surakarta tahun 2014/2015. Jenis penelitian ini dalah Penelitian Tindakan Kelas dalam rumpun Penelitian Kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Pajang III No. 206 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: wawancara, observasi, tes dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan minat belajar IPS melalui penerapan strategi The Power of Two. Peningkatan minat terlihat dalam 4 indikator yaitu kesukaan siswa dalam pembelajaran pada pra siklus sebesar 28,57% dan pada siklus II pertemuan ke 2 sebesar 85,57%. Ketertarikan siswa dalam pembelajaran pada pra siklus sebesar 28,57% dan pada siklus II pertemuan ke 2 sebesar 82,85%. Perhatian siswa dalam proses pembelajaran pada pra siklus sebesar 31,42% dan pada siklus II pertemuan ke 2 sebesar 88,57%. Keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran pada pra siklus sebesar 31,42% dan pada siklus II pertemuan ke 2 sebesar 91,42%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi The Power of Two dapat meningkatkan minat belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri Pajang III No. 206 Surakarta tahun 2014/2015.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat, belajar, IPS, strategi The Power of Two |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 30 Mar 2015 08:52 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 20:07 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32599 |
Actions (login required)
View Item |