Peran Bimbingan Belajar Bagi Siswa Yang Mengalami Kesulitan Membaca Di SD Negeri 1 Depok Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2014/ 2015

RAHAYU, Wahyu Susun and , Drs. Mulyadi Sri Kamulyan, M.Pd (2015) Peran Bimbingan Belajar Bagi Siswa Yang Mengalami Kesulitan Membaca Di SD Negeri 1 Depok Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2014/ 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (496kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (816kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sebab - sebab anak mengalami kesulitan membaca di SD Negeri 1 Depok Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan. Serta untuk mendeskripsikan cara membimbing belajar anak yang mengalami kesulitan membaca di SD Negeri 1 Depok Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan. Subjek penelitian ini adalah 2 orang siswa kelas 1 yang mengalami kesulitan membaca. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian adalah studi kasus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dengan melaksanakan bimbingan belajar bagi siswa yang mengalami kesulitan membaca dapat mengatasi kesulitan membaca melalui belajar membaca. Sebelum melakukan bimbingan belajar, masing – masing siswa diminta untuk membaca sebuah bacaan untuk mengetahui sejauh mana kesulitan yang dialami. Sebesar 65% siswa belum mampu membaca dengan baik. Setelah dilakukan bimbingan belajar membaca, dan melakukan evaluasi siswa mampu mengatasi kesulitan membaca yang dialaminya sebesar 100%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bimbingan belajar sangat berperan bagi siswa yang mengalami kesulitan membaca di SD Negeri 1 Depok Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2014/ 2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan belajar, Kesulitan membaca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 30 Mar 2015 08:32
Last Modified: 11 Oct 2021 20:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32595

Actions (login required)

View Item View Item