Kesiapan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SDN 01 Kebak Di Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015

Suyanti, Rohmawati widya and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd (2014) Kesiapan Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di SDN 01 Kebak Di Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
halaman depan.pdf

Download (833kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (533kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] PDF (Bab V)
bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
naskah publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB)

Abstract

Penelitian kualitatif ini bertujuan (1) Mendiskripsikan secara jelas mengenai kesiapan guru SDN 01 Kebak di Kabupaten Karanganyar dalam menghadapi Kurikulum 2013. (2) Mengetahui pelaksanaan Kurikulum 2013 pada SDN 01 Kebak di Kabupaten Karanganyar.(3) Mengetahui kendala yang dihadapi guru SDN 01 Kebak di Kabupaten Karanganyar dalam menghadapi Kurikulum Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan strategi tunggal terpancang. Subjek penelitian Kualitatif ini adalah guru yang sudah menerapkan kulikulum 2013 yaitu di guru di kelas II, IV, dan V SDN 01 Kebak Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015. Objek pada penelitian ini adalah kesiapan guru dan proses pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru kelas I, II, IV, dan V SDN 01 Kebak Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2014.2015 Sumber data yang digunakan adalah informasi, dokumen serta tempat dan peristiwa. Teknik Pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan analisis dokumen. Uji validitas dengan cara triangulasi. Analisis data melalui data reduction, data display, dan conclusion drawing / verification. Prosedur penelitian dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) tahap persiapan, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap analisis data, (4) tahap penyususnan laporan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Kesiapan guru dalam pelaksanaan kurikulum 2013 dapat dilihat dari segi fisik guru-guru di SDN 01 Kebak sudah baik terbukti dengan presensi kehadiran setiap harinya selalu terisi tidak ada yang ijin. Kemudian jika dilihat dari segi material dilakukan guru dengan menyiapkan perangkat pembelajaran seperti RPP, Silabus, Media, dan lain-lain. (2) Pelaksanaan kurikulum 2013 belum sepenuhnya berjalan sesuai rencana dimana untuk menumbuhkan keaktifan siswa belum bisa dilakukan sepenuhnya anak masih terpaku pada guru. (3) Kendala yang dihadapi guru adalah masalah penilaian yang rumit ditambah Alokasi waktu yang disediakan tidak sebanding dengan jumlah kompetensi yang harus dikuasai peserta didik dalam proses belajar sehingga ada materi yang belum bisa disampaikan secara mendalam.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Guru dalam implementasi Kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 30 Mar 2015 07:28
Last Modified: 17 Oct 2021 06:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32589

Actions (login required)

View Item View Item