Aditiyastuti, Diyah and , Drs. Farid Wajdi, M.M., Ph.D (2015) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Rumah Makan Sari Rahayu Di Banjarnegara. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (677kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (142kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (71kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Bisnis rumah makan dewasa ini berkembang pesat dan masih berpotensi untuk berkembang. Agar bisnis rumah makan tetap terjaga kepercayaannya, maka tindakan manajemen untuk memuaskan konsumen adalah dengan cara memberikan pelayanan yang berkualitas kepada konsumen dengan sebaik-baiknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian menggunakan metode assosiatif kuantitatif dengan menggunakan analisis statistik untuk menguji hipotesis. Penelitian dilaksanakan di Rumah Makan Sari Rahayu di Banjarnegara. Populasi penelitian adalah seluruh pelanggan RM Sari Rahayu. Sampel diambil sebanyak 80 orang yang diambil dengan teknik accidental samling. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana, uji t, dan uji koefisien determinasi. Sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hal ini menunjukkan bahwa puas atau tidaknya konsumen dipengaruhi oleh persepsi pelanggan terhadap kualitas pelayanan yang dberikan oleh RM Sari Rahayu yang tercermin dari dimensi reliability, tangible, responsiveness, assurance, dan empathy. Nilai koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 62% dari variasi kepuasan pelanggan dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, sedangkan 38% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Artinya kualitas pelayanan merupakan faktor yang sangat dipertimbangkan konsumen.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Users 4404 not found. |
Date Deposited: | 26 Mar 2015 04:27 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 11:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32565 |
Actions (login required)
View Item |