SUSILOWATI, DINI RETNO (2011) Pengelolaan Pembelajaran Multimedia Pada Pelajaran Ipa Di Sma N 4 Purworejo. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (117kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (163kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA1.pdf Download (86kB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (256kB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) perencanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan multimedia di SMA N 4 Purworejo, dan (2) pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan multimedia di SMA N 4 Purworejo, (3) evaluasi pembelajaran IPA dengan menggunakan multimedia di SMA N 4 Purworejo Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di SMA N 4 Purworejo. Subjek utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi credibility, transferability, dependability, dan confermability. Hasil dari penelitian ini (1) Dalam perencanaan pembelajaran IPA dengan media pembelajaran multimedia di SMA N 4 Purworejo guru melakukan dua perencanaan yaitu perencanaan pembelajaran, dan perencanaan sarana dan prasarana. Perencanaan pembelajaran dilakukan oleh guru yunior disusun dalam bentuk RPP dengan media pembelajaran multimedia, sedangkan perencanaan sarana dan prasarana dilakukan oleh guru berupa perencanaan perangkat keras dan perangkat lunak; (2) Pelaksanakan pembelajaran IPA dengan media pembelajaran multimedia di SMA N 4 Purworejo dilakukan dalam tiga tahap kegiatan yaitu kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Pembelajaran IPA dengan media pembelajaran multimedia yang dilakukan di SMA N 4 Purworejo dilakukan dengan menggunakan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan; (3) Evaluasi dan monitoring terhadap pembelajaran IPA dengan media pembelajaran multimedia di SMA N 4 Purworejo dilakukan baik, evaluasi awal (pre test), evaluasi akhir (post test). Post test dilakukan oleh guru melalui ulangan harian minimal 2 kali dalam sebulan, evaluasi tengah semester dan evaluasi semester.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perencanaan,pelaksanaan,evaluasi pembelajaran multimedia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 4404 not found. |
Date Deposited: | 20 Mar 2015 01:54 |
Last Modified: | 20 Mar 2015 01:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32452 |
Actions (login required)
View Item |