Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Ceramah dan Audio Visual Terhadap Pengetahuan Kader Tentang Sadari Di Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo

Feranicha Emi Saputri, Yesi and , Bejo Raharjo, SKM, M.Kes and , Yuli Kusumawati, SKM., M. Kes(Epid) (2014) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Ceramah dan Audio Visual Terhadap Pengetahuan Kader Tentang Sadari Di Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (886kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (759kB)

Abstract

SADARI merupakan deteksi dini yang bertujuan untuk mendeteksi sel kanker yang tumbuh di payudara. Insiden kanker payudara akan meningkat pada sekitar usia 35 tahun keatas. Program penapisan di Indonesia difokuskan pada perempuan usia 30-50 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode ceramah dan audio visual terhadap pengetahuan kader tentang SADARI di Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan rancangan two group pretest posttest. Subjek penelitian kader di Kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo yang dipilih dengan sample random sampling dengan perolehan sample sebanyak 90 kader. Analisis yang digunakan adalah univariat dan bivariat dengan uji paired t test dan independent. Hasil perbedaan skor pengetahuan pada kader sebelum diberikan pendidikan metode ceramah rerata (11,76) setelah diberikan pendidikan meningkat menjadi (14,51), (p=0,000) dan pada kader sebelum diberikan pendidikan audio visual rerata (10,33) setelah diberikan pendidikan meningkat menjadi (17,04), (p=0,000) sehingga ada perbedaan skor pengetahuan kader sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan dengan metode ceramah dan audio visual tentang SADARI. Perbandingan skor pengetahuan kader menggunakan audio visual dan ceramah, audio visual dengan rerata (6,71) lebih besar daripada kelompok ceramah (2,80), (p=0,000) sehingga audio visual dan ceramah sama-sama mampu meningkatkan skor pengetahuan pada kader

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SADARI, Metode ceramah, Audio visual, Kader
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Setiawan Setiawan BL
Date Deposited: 13 Mar 2015 08:53
Last Modified: 20 Oct 2021 02:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32327

Actions (login required)

View Item View Item