Hubungan Pekerjaan, Pendidikan Dan Pengetahuan Ibu Tentang Makanan Pendamping Asi Dengan Status Gizi Balita Usia 7-24 Bulan Di Desa Waru Karanganyar Kecamatan Purwodadi Grobogan

Kusumawati, Dian and , Dyah Widowati, SKM and , Luluk Ria Rakhma, S.Gz., M.Gizi (2014) Hubungan Pekerjaan, Pendidikan Dan Pengetahuan Ibu Tentang Makanan Pendamping Asi Dengan Status Gizi Balita Usia 7-24 Bulan Di Desa Waru Karanganyar Kecamatan Purwodadi Grobogan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Front page)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Chapter I)
BAB I.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Chapter II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Chapter III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Chapter IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Chapter V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] PDF (References)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Appendix)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (829kB)
[img] PDF (Manuscript publication)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (436kB)

Abstract

Pendahuluan: Berdasarkan survai pendahuluan di Desa Waru Karanganyar status gizi balita kurang sebesar 23.2%, ibu balita berpendidikan dasar sebesar 58.1% dan sebagian besar ibu sebagai ibu rumah tangga sebesar 84.8%. Keadaan kurang gizi pada bayi dan balita disebabkan karena kebiasaan pola pemberian makanan pendamping ASI yang tidak tepat, ketidaktahuan tentang cara pemberian makanan pada bayi serta adanya kebiasaan yang merugikan kesehatan. Tujuan: Mengetahui hubungan pekerjaan, pendidikan dan pengetahuan ibu tentang makanan pendamping ASI dengan status gizi balita usia 7-24 bulan di Desa Waru Karanganyar, Kecamatan Purwodadi Grobogan. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini adalah observasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah subyek penelitian sebanyak 48 dengan metode total sampling. Data pengetahuan gizi diperoleh melalui kuesioner, data pekerjaan dan pendidikan melaui wawancara dan data status gizi melalui penimbangan. Analisis data dengan Fisher’s Exact. Hasil: Hasil analisis univariat menunjukkan status gizi kurang sebesar 20.8%, memiliki pengetahuan kurang 29.2%, pendidikan ibu dasar 75%, ibu tidak bekerja 75%. Hasil uji hubungan diketahui pengetahuan ibu (p = 0.000) pekerjaan ibu (p=1.000) dan pendidikan ibu (p=0.048) Kesimpulan: Ada hubungan pengetahuan ibu tentang makanan pendamping ASI dengan status gizi, ada hubungan antara pendidikan ibu dengan status gizi dan tidak ada hubungan antara pekerjaan ibu dengan status gizi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pekerjaan, Pendidikan dan Pengetahuan Ibu Tentang MP-ASI, Status Gizi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2015 04:34
Last Modified: 07 Sep 2022 02:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32296

Actions (login required)

View Item View Item