Hubungan Asupan Energi, Lemak, Protein, Dan Karbohidrat Dengan Kadar Gula Darah Pada Lansia Obesitas Di Desa Blulukan Kecamatan Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah

Puspitasari, Raditya Wahyuningsih and , Dwi Sarbini, S.ST., M.Kes and , Pramudya Kurnia, STP, M.Agr (2014) Hubungan Asupan Energi, Lemak, Protein, Dan Karbohidrat Dengan Kadar Gula Darah Pada Lansia Obesitas Di Desa Blulukan Kecamatan Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Front page)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Chapter I)
BAB I.pdf

Download (145kB)
[img] PDF (Chapter II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Chapter III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Chapter IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Chapter V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (References)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] PDF (Appendix)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Manuscript publication)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (616kB)

Abstract

Pendahuluan : Apabila dibandingkan orang yang lebih muda, lansia memiliki kecenderungan komposisi lemak tubuh lebih besar. Faktor penyebab terjadinya kenaikan kadar gula darah adalah kelebihan lemak, faktor genetik, status gizi lebih (Obesitas) dan aktivitas fisik yang rendah. Berdasarkan pada hasil Riskesdas tahun 2007 prevalensi obesitas nasional 19,1%. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menghubungkan asupan energi, lemak, protein dan karbohidrat dengan kadar gula darah pada lansia obesitas di Desa Blulukan Kecamatan Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah. Metode Penelitian : Jenis penelitian menggunakan desain cross sectional. Populasi dari semua lansia dengan IMT ≥ 25,00 kg/m2. Cara pengambilan sampel dengan metode simple random sampling. Asupan energi, lemak, protein dan karbohidrat diperoleh dari hasil rata-rata recall 2 x 24 jam tidak berurutan dan kadar gula darah puasa serta 2 jam post prandial diperoleh dari pemeriksaan tenaga kesehatan. Uji kenormalan data menggunakan Kolmogorov-Smirnov test dan uji hubungan dengan pearson product moment. Hasil : Tidak ada hubungan asupan energi dengan kadar gula darah puasa (p=0,70) dan 2 jam post prandial (p=0,34). Tidak ada hubungan asupan lemak dengan kadar gula darah puasa (p=0,79) dan 2 jam post prandial (p=0,95). Tidak ada hubungan asupan protein dengan kadar gula darah puasa (p=0,75) dan 2 jam post prandial (p=0,82). Tidak ada hubungan asupan karbohidrat dengan kadar gula puasa (p=0,42) dan 2 jam post prandial (p=0,99).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Asupan Energi, Lemak, Protein, Karbohidrat
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2015 03:41
Last Modified: 09 Sep 2022 03:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32294

Actions (login required)

View Item View Item