Analisis Kualitas Airtanah Akibat Limbah Industri Logam Terhadap Kesehatan Masyarakat Di Desa Pesarean Dan Desa Lemahduwur Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal

Laivy, Alfiv and , Dra. Alif Noor Anna, M.Si and , Drs. Yuli Priyana, M.Si. (2014) Analisis Kualitas Airtanah Akibat Limbah Industri Logam Terhadap Kesehatan Masyarakat Di Desa Pesarean Dan Desa Lemahduwur Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (703kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (762kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Kualitas airtanah dipengaruhi oleh beberapa faktor yang terutama oleh adanya ulah manusia. Airtanah merupakan sumber kehidupan bagi mahkluk hidup, khususnya untuk air minum. Kondisi airtanah yang kurang memenuhi standar kualitas air, merupakan keadaaan yang sangat membahayakan bagi kesehatan manusia. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis distribusi kualitas airtanah akibat pembuangan limbah industri logam, membandingkan kualitas airtanah dengan standar baku air minum, menganalisis dampak pencemaran airtanah terhadap kesehatan masyarakat akibat limbah industri logam di Desa Pesarean dan Desa Lemahduwur Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survey lapangan. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Analisa pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif. Berdasarkan uji laboratorium menunjukkan bahwa kondisi airtanah di daerah penelitian buruk. Hal itu dapat dibuktikan dari ke 8 sampel airtanah melewati ambang batas yang dianjurkan berdasarkan Peraturan Kementerian Kesehatan RI No. 492 Tahun 2010 tentang Baku Mutu Air Untuk Air Minum. Menurunya kualitas airtanah dikarenakan bahwa unsur-unsur sisa aktivitas industri tersebut terakumulasi dan teresap ke dalam tanah oleh air hujan. Peresapan unsur-unsur limbah yang berbahan berbahaya dan beracun tersebut lalu tercampur dengan air tanah dan mencemari air tanah mengikuti aliran airtanah. Tercemarnya airtanah di sekitar tempat pembuangan limbah industri logam berdampak terhadap kesehatan masyarakat. Hal itu dapat dibuktikan dari catatan Puskesmas Kecamatan Adiwerna Tahun 2013 tentang data jumlah orang yang terserang penyakit akibat limbah industri logam, yaitu terdapatnya 13 jenis penyakit akibat limbah Pb, Cu dan Zn. Jumlah pasien terbanyak di Desa Pesarean yaitu jenis penyakit akibat limbah Pb sebesar 567, sedangkan jumlah pasien terbayak di Desa Lemahduwur sebanyak 108 pasien.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas airtanah, limbah industri logam
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 11 Mar 2015 07:35
Last Modified: 18 Oct 2021 08:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32278

Actions (login required)

View Item View Item