Hubungan Body Image Perubahan Fisik Pada Masa Remaja Dengan Kepercayaan Diri Pada Remaja Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Toroh Kabupaten Grobogan

AMBARMINI, DEFI and , Winarsih Nur A., S.Kep., Ns., Etn., M.Kep. and , Agustaria Budinugroho S. kep., Ns (2014) Hubungan Body Image Perubahan Fisik Pada Masa Remaja Dengan Kepercayaan Diri Pada Remaja Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Toroh Kabupaten Grobogan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Front page)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (520kB)
[img] PDF (Chapter I)
BAB I.pdf

Download (152kB)
[img] PDF (Chapter II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (183kB)
[img] PDF (Chapter III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Chapter IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Chapter V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Chapter VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (References)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Appendix)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Manuscript publication)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (574kB)

Abstract

Hasil survey pendahuluan yang dilakukan siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Toroh Kabupaten Grobogan berjumlah 10 siswa baik laki-laki maupun perempun, 7 siswa mengatakan dengan kondisi fisik seperti perut buncit, hidung pesek, merasa gemuk, wajah kurang cantik untuk perempuan, wajah kurang ganteng untuk lakilaki, mereka merasa kurang percaya diri, sedangkan 3 siswa mengatakan mereka merasa puas dengan kondisi fisik yang mereka anggap proposional membuat mereka menjadi percaya diri. Tujuan penelitian: untuk mengetahui hubungan body image perubahan fisik pada masa remaja dengan kepercayaan diri pada remaja kelas XI di SMA Negeri 1 Toroh Kabupaten Grobogan. Desain penelitian: jenis penelitian ini merupakan kuantitatif dengan metode penelitian non experimental dengan rancangan deskriptif koleratif dan pendekatan yang digunakan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Toroh Kabupaten Grobogan. Tehnik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan tehnik acak sederhana (simple random sampling) yaitu setiap anggota dari populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk diseleksi sebagai sampel dengan cara undian. Tehnik analisa data yang digunakan adalah dengan tehnik analisa data univariat dan analisis data bivariat dengan uji chi square. Hasil penelitian :body image perubahan fisik negatif dengan kepercayaan diri rendah ada 41 atau (67,2%) siswa, sedangkan body image perubahan fisik negatif dengan kepercayaan diri tinggi ada 20 atau (32,8%) siswa. Body image perubahan fisik positif dengan kepercayaan diri randah ada 30 atau (45,5%) siswa, sedangkan body image perubahan fisik positif dengan kepercayaan diri tinggi ada 36 atau (54,5%). Berdasarkan hasil uji chi square diperoleh nilai (χ2) = 6,088 dengan p= 0,014. Oleh karena itu, hasil perhitungan menunjukkan bahwa p< 0,05 maka H0 ditolak, artinya terdapat hubungan body image perubahan fisik pada masa remaja dengan kepercayaan diri pada remaja kelas XI di SMA Negeri 1 Toroh Kabupaten Grobogan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Body image, perubahan fisik, masa remaja, kepercayaan diri
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Users 4404 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2015 04:53
Last Modified: 20 Nov 2019 02:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32268

Actions (login required)

View Item View Item