MUNAWAROH, TUTIK (2009) PROBLEMATIKA BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK PENYANDANG TUNA GRAHITA (SLB B/C YPPLB NGAWI Kabupaten Ngawi). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
G000050005.pdf Download (137kB) |
|
PDF
G000050005.pdf Restricted to Repository staff only Download (670kB) |
Abstract
Pendidikan Agama Islam adalah sebagai dasar dalam menjalani kehidupan yang berpijak dari AlQur’an dan hadits, agama dapat diibaratkan sebagai mata, sedangkan sains sebagai mikroskop atau teleskop yang dapat memperjelas daya pengamatan mata atau agama adalah pedoman dan jalan kehidupan menuju keselamatan, sedangkan pengetahuan adalah cahaya yang menerangi jalan kehidupan itu. Dengan demikian, ilmu pengetahuan dan agama harus bersanding dan bukan bertanding. Sehingga sangat penting bagi penyandang cacat mental untuk mempelajari Pendidikan Agama Islam sebagai dasar baginya untuk mencapai kehidupan yang lebih baik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apa saja problematika belajar Pendidikan Agama Islam yang dihadapi oleh anak penyandang cacat tuna grahita di SLB B/C YPLB Ngawi, Bagaimana solusi yang dilakukan oleh SLB B/C YPLB Ngawi, untuk mengatasi kesulitan-kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didiknya Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui problematika belajar Pendidikan Agama Islam yang dihadapi oleh anak penyandang cacat tuna grahita di SLB B/C YPLB Ngawi, Untuk mengetahui solusi yang dilakukan oleh SLB B/C YPLB Ngawi, untuk mengatasi kesulitan-kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didiknya. Manfaat penelitian ini adalah memberikan kontribusi teoritik maupun praktik berupa penyajian informasi ilmiah untuk menambah wawasan dan khasanah keilmuan terutama dalam ilmu pendidikan dan pengajaran Pendidikan Agama Islam, Penelitian ini dapat menunjang pengembangan informasi tentang pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB B/C Ngawi khususnya dan Lembaga Pendidikan Islam pada umumnya, dapat memberikan gambaran tentang problematika pengajaran di SLB B/C Ngawi, Memberikan sumbangan ilmiyah bagi kalangan Akademisi yang mengadakan penelitian berikutnya baik meneruskan maupun mengadakan riset baru. Ditinjau dari obyeknya, penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field Research), karena data-data yang diperlukan untuk menyusun karya ilmiah ini diperoleh dari lapangan yaitu siswa SDLB SLB B/C Ngawi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Adapun penelitian ini dianalisis dengan kualitatif deskriptif (penelitian yang menghasilkan kata-kata tulisan atau lisan). Peneliti menyimpulkan bahwa, problematika yang dialami oleh siswa tuna grahita SDLB YPPLB Ngawi adalah penyesuaian materi, perbedaan kemampuan dan pemahaman, titik kejenuhan, hiperaktif, komunikasi, kurangnya dukungan dari orang tua, metode yang digunakan oleh guru kurang bisa diterima oleh siswa. Solusi untuk mengatasi problem belajar tersebut adalah mengadakan les, klasifikasi, relaksasi, pengarahan, melakukan pendekatan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problematika belajar , Agama Islam, SLB B/C |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Jun 2009 08:37 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 16:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3225 |
Actions (login required)
View Item |