PENERAPAN KTSP (KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN) DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDIT DARUL FALAH LANGENHARJO SUKOHARJO

MA’SUM, MUHAMMAD (2009) PENERAPAN KTSP (KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN) DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDIT DARUL FALAH LANGENHARJO SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000040141.pdf

Download (37kB)
[img] PDF
G000040141.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)

Abstract

Kurikulum Tingkat satuan pendidikan (KTSP) adalah kurikulum yang akan dilaksanakan secara nasional pada tahun 2007/2008 merupakan inovasi tiada henti dalam bidang kurikulum dan sebagai upaya pembaharuan dalam pendidikan sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zaman. Terkait dengan hal itu sebagian pelaksana pendidikan masih awam untuk mengimplementasikan kurikulum tersebut, karena untuk mengimplementasikan KTSP sesuai dengan panduan atau ketentuan yang dikeluarkan oleh BSNP, maka para pelaksana pendidikan (Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru, Komite Sekolah, Yayasan) harus memahami konsep KTSP secara benar dan komperhensip. Melihat latar belakang tersebut maka penulis mengajukan sebuah penelitian terhadap suatu lembaga pendidikan swasta yang telah menerapkan KTSP, judul penelitiannya yaitu : `”Penerapan KTSP dalam Pendidikan Agama Islam Di SDIT Darul Falah Langenharjo Sukoharjo”. Dalam penelitian ini penulis menitik beratkan penelitiannya pada pelajaran Pendidikan Agama Islam, alasannya adalah Pendidikan Agama Islam adalah hal yang penting dan banyak penerapannya dalam kehidupan sehari- hari. Dalam penelitian ini berdasarkan latar belakang masalah, rumusan masalah yang menjadi kajian penelitian adalah “Bagaimana SDIT Darul Falah menerapkan KTSP khususnya dalam Pendidikan Agama Islam bila ditinjau dari komponenkomponen yang mendukung pelaksanaan KTSP”. Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan KTSP di SDIT Darul Falah bila ditinjau dari komponen-komponen yang harus disiapkan dalam pelaksanaan KTSP. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah sebuah sekolah swasta SDIT Darul Falah, sekolah ini telah menerapkan kurikulum KTSP pada sejak tahun 2007/2008 sesuai dengan yang dicanangkan oleh pemerintah. Sedangkan jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun data, penulis dapatkan dari sumber yang kompeten. Sedangkan metode pengumpulan data penulis menggunakan metode Observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini telah menghasilkan kesimpulan bahwa SDIT Darul Falah telah menerapkan KTSP di hampir segala bidang baik manajemen ataupun kurikulum. Sedangkan Kendala yang dihadapi dalam melaksanakan KTSP khususnya pada materi Pendidikan Agama Islam adalah kurangnya sarana dan prasarana yang tersedia, begitu juga dengan KKM yang kurang terpenuhi. Solusinya adalah sekolah memberikan dukungan baik secara materil ataupun non materil kepada guru untuk lebih meningkatkan mutu pendidikan khususnya dalam Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, KTSP, PAI, Silabus, RPP
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Jun 2009 08:32
Last Modified: 16 Nov 2010 16:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3224

Actions (login required)

View Item View Item