Bahtiar, Wahyudi (2009) KONSEP PENDIDIKAN ANAK MENURUT ABDULLAH NASHIH ULWAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
G000040058.pdf Download (150kB) |
|
PDF
G000040058.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
Abstract
Anak merupakan salah satu pilar utama dalam sebuah keluarga dan masyarakat. Mereka adalah generasi penerus yang akan melanjutkan keberadaan manusia. Seorang anak tidak akan menjadi manusia yang baik dan diharapkan dimasa mendatang, sebuah tanpa di topang oleh nilai-nilai pendidikan yang mulia. Krisis moral (akhlak) pada anak-anak yang menimpa negeri ini telah menyadarkan kita semua untuk berlomba-lomba dalam memperbaikinya, dan itu harus dimulai dari perbaikan pada konsep pendidikan yang akan diterapkan kepada anak. Konsep yang tepat dalam pendidikan anak sangat dibutuhkan dalam rangka tercapainya tujuan dari pendidikan itu sendiri. Untuk itu dipilihlah pokok permasalahan tentang konsep pendidikan anak menurut Abdullah Nashih Ulwan , karena beliau salah satu cendikiawan muslim yang sangat menaruh perhatian besar terhadap kosep pendidikan yang akan diterapkan kepada anak. Pemilihan salah satu karya beliau ("Tarbiyatul Al-Aulad Fil Islam (Pendidikan Anak dalam Islam)" untuk dijadikan bahan penelitian karena mengandung konsep yang sangat bagus untuk diterapkan oleh para pelaku pendidikan dalam proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan anak yang Islami, baik dan ideal menurut salah satu cendikiawan muslim yang berkecimpung dalam bidang Da'wah dan pendidikan yaitu Abdullah Nashih Ulwan yang tertuang dalam salah satu karya beliau "Tarbiyatul Al-Aulad Fil Islam (Pendidikan Anak dalam Islam)". Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library reseach). Data primer dan sekunder diperoleh melalui penelitian kepustakaan dengan alat pengumpul data berupa metode dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya dilakukan analisis data. Adapun analisis datanya menggunakan analisis kualitatif dengan tiga langkah yaitu metode deduktif, metode induktif dan metode komparatif. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu: Pertama, Pemikiran Ulwan tentang pendidikan, menunjukkkan bahwa pendidikan itu tidak hanya berfungsi membangun intelektualitas seseorang tetapi lebih pada upaya membangun kesadaran manusia agar memiliki kesadaran bertauhid. Kedua, Konsep pendidikan yang diuraikan Abdullah Nashih Ulwan dengan pemberian kebebasan kepada anak didik yakni memberik kesempatan kepada anak untuk memilih hal-hal yang baik dan benar dari tingkah laku, membuat keputusannya sendiri. Ketiga, Metode-metode yang diterapkan Ulwan antara lain : a) Pendidikan dengan keteladanan. b) Pendidikan dengan adat kebiasaan. c) Pendidikan dengan nasehat. d) Pendidikan dengan pengawasan/memberikan perhatian. e) Pendidikan dengan memberikan hukuman (sanksi). Keempat, Kaidah yang harus dijadikan pedoman oleh para pendidik dalam rangka membentuk pribadi anak menurut Ulwan adalah : a) Ikhlas dalam mendidik. b) Takwa kepada Allah. c)Berbekal ilmu pengetahuan. d) Santun dan pemaaf. e) Merasa bertanggung jawab.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konsep pendidikan anak, Abdullah Nashih Ulwan, Islam |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Jun 2009 08:24 |
Last Modified: | 18 Nov 2019 03:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3223 |
Actions (login required)
View Item |