Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Penataan Waterfront Kali Pepe Dengan Studi Kasus Kawasan Pecinan Surakarta

Fitrianto, Agung Dwi and , Ir. Alpha Febela P, MT and , Nur Rahmawati S, ST, MT (2014) Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur (DP3A) Penataan Waterfront Kali Pepe Dengan Studi Kasus Kawasan Pecinan Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
02.ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab I)
04.BAB 1.pdf

Download (272kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
08.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
09.Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50MB)

Abstract

Kali Pepe dan Kawasan pecinan di Surakarta ini merupakan salah satu kawasan heritage yang memiliki potensi kawasan wisata kreaatif, namun lambat laun kawasan ini mulai mengalami degradasi dan terbengkalai. Oleh karena itu potensi pemanfaatan kegiatan kepariwisataan ini perlu tersedia baik daya dukung fisik maupun nonfisik. Hal ini dilakukan untuk mengakomodir pemanfaatan yang optimal. Permasalahan yang dapat diuraikan yaitu bagaimana perencanaan dan perancangan waterfont Kali Pepe studi kasus Kawasan Pecinan di Surakarta sebagai kawasan wisata kreatif. Tujuan dari Penataan Waterfront Kali Pepe dengan Studi Kasus Kawasan Pecinan Surakarta yaitu mewujudkan konsep perencanaan dan perancangan waterfont di Kawasan Kali Pepe dengan mempertimbangkan nilai heritage dan penekanan arsitektur setempat. Selain itu didukung dengan penanataan Kawasan Pecinan Surakarta yang memiliki potensi pemanfaatan kegiatan di bidang kepariwisataan. Penataan dilakukan dengan mempertimbangkan nilai heritage kawasan dan konsep penataan kawasan (urban design) dengan menambah elemen ataupun fasilitas penunjang untuk menunjang kepariwisataan kawasan ini sebagai daya tarik wisatwan maupun budayawan. Keluaran yang diharapkan dari dari Penataan Waterfront Kali Pepe dengan Studi Kasus Kawasan Pecinan Surakarta adalah menjadikan Waterfront di Kali Pepe sebagai kawasan wisata kreatif dengan penekanan arsitektur setempat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penataan, Waterfront, Kali Pepe, Heritage, Wisata
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Mar 2015 03:39
Last Modified: 15 Oct 2021 06:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32229

Actions (login required)

View Item View Item