Analisis Sebaran Perolehan Suara Partai Politik Pada Pemilu Legislatif 2009 Dan 2014 Kabupaten Grobogan Jawa Tengah (Korelasi Teori Clifford Geertz)

Permana, Yedi Mulya and , Dra. Umrotun, M.Si and , Drs. Priyono, M.Si (2014) Analisis Sebaran Perolehan Suara Partai Politik Pada Pemilu Legislatif 2009 Dan 2014 Kabupaten Grobogan Jawa Tengah (Korelasi Teori Clifford Geertz). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (375kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
Bab I.pdf

Download (857kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab III.pdf

Download (807kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (912kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (761kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Daerah Pemilihan (Dapil) I-V Kabupaten Grobogan dengan judul Analisis Sebaran Perolehan Suara Partai Politik Pada Pemilu Legislatif 2009 dan 2014 Kabupaten Grobogan Jawa Tengah (Korelasi Teori Clifford Geertz). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis korelasi Teori Clifford Geertz terhadap sebaran perolehan suara Partai Politik Islam, Basis Massa Islam dan Nasionalis pada Pemilu Legislatif 2009 dan 2014 disetiap Daerah Pemilihan Kabupaten Grobogan Jawa Tengah. Sedangkan metode penelitian yang digunakan menggunakan deskriptif kualitatif, dengan teknik analisis data menggunakan analisis komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, Partai Islam (PPP) mendapatkan kenaikan suara di tiga Dapil yaitu pada Dapil III (3,23%), IV (5,61%) dan V (2,16%). Pada Partai Basis Massa Islam, yaitu Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Amanat Nasional perolehan suaranya naik di empat Dapil dari lima Dapil yang ada di Kabupaten Grobogan, yaitu pada Dapil I (8,35%), II (9,9%), III (7,3%) dan IV (3,6%). Selanjutnya adalah Partai Nasionalis, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai Golongan Karya. Partai ber platform Nasionalis ini juga mendulang keberhasilan, pasalnya PDIP dan Golkar memperoleh kemenangan di tiga Daerah Pemilihan, yaitu pada Dapil II (7,76%), IV (6,68%) dan V (4,12%). Peningkatan atau penurunan perolehan suara Partai tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu (Money Politic), Figur, Program dan Fanatisme Partai serta Pendidikan. Hasil penelitian yang kedua adalah adanya korelasi yang berbanding lurus antara Perolehan Suara Partai Politik dengan Teori Clifford Geertz tentang Varian Politik Masyarakat Jawa, yang ditunjukkan pada semua Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Grobogan, yaitu Dapil I, II, III, IV dan V. Pada Dapil I, II, IV dan V mayoritas pekerjaan masyarakat disektor Pertanian masing masing 49,9%, 53,4%, 66,2%, 64,9%, Partai pemenangnya adalah PDIP dengan 16,5%, 29,2%, 27,2%, 19,1%. Pada Dapil III mayoritas pekerjaan masyarakat disektor Perdagangan 51,3%, Partai pemenangnya adalah PKB dengan 20,1%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Partai Politik, Pemilu Legislatif, Teori Geertz
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 06 Mar 2015 06:59
Last Modified: 18 Oct 2021 08:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32155

Actions (login required)

View Item View Item