Choyanah, Nur (2009) PEMAHAMAN AGAMA DAN PARTISIPASI PENDIDIKAN KELUARGA (Studi Kasus di Desa Getas Pejaten Kabupaten Kudus). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
G000020023.pdf Download (119kB) |
|
PDF
G000020023.pdf Restricted to Repository staff only Download (381kB) |
Abstract
Pemahaman agama di Desa Getas Pejaten Kabupaten Kudus pada sebagian umumnya adalah kurangnya pemahaman agama yang utuh sehingga menimbulkan berbagai macam hal-hal yang merugikan keluarga itu sendiri. Oleh karena itu keluarga di Desa Getas Pejaten menjadi resah akan segala tindakan yang dilakukan oleh keluarga tersebut. Pemahaman agama bisa dilihat dalam keluarga awam atau tradisional, dimana aspek intensitas keberagaman lebih menekankan pada aspek emosional, pola kelakuan keberagamaannya cenderung pada kelakuan lahiriyah dan sikap dalam beragama kental dengan nuansa tradisional. Pemahaman agama juga disebabkan budaya yang lebih mengakar pada keluarga setempat dan berdampak pada pemahaman akan pentingnya ilmu pengetahuan dan kurangnya penyiapan kader yang berkualitas. Faktor penyebab pemahaman agama dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu dari luar dan dari dalam. Dan luar diantaranya ekonomi, sosial, politik, budaya. Dari dalam diantaranya dangkalnya ilmu pengetahuan agama, malas beribadah dan lain sebagainya. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah pengaruh pemahaman agama terhadap partisipasi pendidikan keluarga di Desa Getas Pejaten Kudus. Sedangkan tujuan yang diteliti dalam penelitian adalah ingin mengetahui adakah pengaruh pemahaman agama terhadap partisipasi pendidikan keluarga di Desa Getas Pejaten Kudus. Metode pengumpulan datanya yaitu observasi, interview, dokumentasi, dan angket. Sedangkan Analisis datanya yaitu metode kuantitatif, menggunakan rumus statistik. Analisis data yang digunakan yaitu analisis pendahuluan, analisis uji hipotesis, dan analisis lanjut. Adapun rumus yang digunakan: rxy = Kesimpulannya yaitu korelasi pemahaman agama dan partisipasi pendidikan keluarga di Desa Getas Pejaten Kudus pada taraf signifikan 5 % dengan df = 68 diperoleh ro = 0,540 dan rt = 0,235, maka ro > rt bearti signifikan. Dengan demikian ro (observsi) lebih besar dari pada rt (tabel), ini berarti hasilnya adalah signifikan dan ada korelasi (ada hubungan yang positif) pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 5 % maka hasil yang diperoleh adalah r observsi (hasil penelitian) lebih besar hasilnya daripada r dalam tabel. Jadi hipotesis yang diajukan dalam bab I hasilnya adalah signifikan atauhipotesis diterima dan terbukti kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman agama, partisipasi pendidikan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 26 Jun 2009 07:58 |
Last Modified: | 23 Nov 2019 02:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3215 |
Actions (login required)
View Item |