MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU BIRRUL WALIDAIN MUHAMMADIYAH SRAGEN TAHUN 2008/2009

Wahyuni, Sri (2009) MANAJEMEN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU BIRRUL WALIDAIN MUHAMMADIYAH SRAGEN TAHUN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000000032.pdf

Download (140kB)
[img] PDF
G000000032.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)

Abstract

Pendidikan merupakan hal penting yang menjadi tolok ukur maju mundurnya suatu negara. Pendidikan yang berkualitas dapat dimulai dengan memperhatikan manajemennya yang tidak mengabaikan aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik. Manajemen yang baik sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran. Hal ini menyangkut persiapan seorang guru dalam menyiapkan materi dan menyampaikan materi tersebut sehingga siswa mengalami perubahan dari tidak mengerti menjadi paham terhadap apa yang disampaikan seorang guru, karena hal tersebut merupakan salah satu tujuan dari belajar. Untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam pembelajaran diperlukan metode-metode pembelajaran yang variatif dan inovatif, sehingga pembelajaran tidak terkesan monoton dan membosankan. Seorang guru yang hanya menggunakan metode konvensional tentu hasilnya akan lain dibandingkan dengan guru yang menggunakan metode-metode yang modern, yakni mereka mampu memanfaatkan berbagai macam teknologi dan cara dalam menyampaikan sebuah materi. Hal penting yang tidak dapat diabaikan adalah kerjasama semua pihak yang meliputi kepala sekolah, guru, staf administrasi, siswa, wali siswa, dan masyarakat yang dapat mendukung terlaksananya pembelajaran dengan baik. Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, maka rumusan masalah yang ada dalam penulisan ini adalah: Bagaimana pelaksanaan manajemen pembelajaran di SDIT Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen dan Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen pembelajaran di SDIT Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen. Penulisan skripsi ini mempunyai tujuan: Untuk mengetahui pelaksanaan manajemen pembelajaran di SDIT Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan manajemen pembelajaran di SDIT Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen. Metode yang digunakan penulis yaitu: metode interview, metode observasi dan metode dokumentasi. Metode analisis yang digunakan yaitu: metode deskriptif kualitatif dan analisis SWOT. Dari data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa manajemen pembelajaran meliputi: Perencanaan pembelajaran yang menyatakan bahwa perencanaan pembelajaran di SDIT Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen sudah berjalan dengan baik melalui penyusunan silabus yang dibuat oleh tim silabus sekolah kemudian dikembangkan dalam bentuk RPP, pengelolaan kelas sudah baik dengan adanya ruangan yang mendukung proses pembelajaran. Penilaian pembelajaran yang menerapkan penilaian pembelajaran pada semua ranah yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Pengawasan pembelajaran, yang meliputi tiga supervisi yakni dari Diknas kota. Sragen, Depag, dan dari pihak sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: manajemen pembelajaran, SDIT
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Jun 2009 07:32
Last Modified: 11 Oct 2011 09:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3208

Actions (login required)

View Item View Item