Upaya meningkatan kemampuan membaca al quran melalui metode stad siswa kelas viiia smp muhammadiyah 5 surakarta tahun pelajaran 2014 / 2015 ( penelitian tindakan kelas smp muhammadiyah 5 surakarta )

, Azhara and , Drs. Ari Anshori, M.Ag. and , Dr. Syamsul Hidayat, M.Ag. (2014) Upaya meningkatan kemampuan membaca al quran melalui metode stad siswa kelas viiia smp muhammadiyah 5 surakarta tahun pelajaran 2014 / 2015 ( penelitian tindakan kelas smp muhammadiyah 5 surakarta ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
3. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (967kB)
[img] PDF (Bab I)
4. BAB I.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Bab II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] PDF (Bab IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab V)
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab VI)
9. BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (595kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
2. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (186kB)

Abstract

Tujuan Penelitian untuk meningkatkan kemampuan membaca Al Quran siswa Kelas VIIIA SMP Muhammdiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Variabel yang menjadi sasaran perubahan dalam penelitian tindakan kelas adalah kemampuan membaca Al Quran, sedangkan variabel tindakan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode STAD. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus.Tiap siklus terdiri 4 tahapan, yaitu :perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek adalah siswa kelas VIIIA SMP Muhammdiyah 5 Surakarta yang berjumlah 34 siswa. Subjek diambil dengan alasan peneliti dalam mengambil subjek secara klasikal. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi..Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi, sajian data, penarikan kesimpulan, serta teknik komparatif. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I menunjukkan peningkatan kemampuan membaca Al Quran untuk aspek lafal dan intonasi. Untuk aspek lafal nilai rata-ratanya 76,44 dengan prosentase siswa mencapai nilai KKM sebanyak 70%, aspek intonasi nilai rata-ratanya 77,09 dengan prosentase siswa mencapai nilai KKM sebanyak 67%. Pada Siklus II menunjukkan peningkatan kemampuan membaca Al Quran untuk aspek lafal, intonasi, dan makhraj. Aspek lafal nilai rata-ratanya 77,44 dengan prosentase siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 85%, untuk aspek intonasi nilai rata-ratanya 79,85 dengan prosentase siswa yang memncapai nilai KKM sebanyak 91%, dan aspek makhraj nilai rata-ratanya 76,18 dengan prosentase siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 70 %. Pada akhir siklus III menunjukkan peningkatan kemampuan membaca Al Quran pada aspek lafal, intonasi, makhraj dan tajwid. Aspek lafal nilai rata ratanya 84,56 dengan prosentase siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 100%, aspek intonasi nilai rata-ratanya 86,18 dengan prosentase siswa mencapai nilai KKM sebanyak 100%, Aspek makhraj nilai rata-ratanya 80,88 dengan prosentase siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 94 %,dan aspek tajwid nilai rata-ratanya 76,62 dengan prosentase siswa mencapai nilai KKM sebanyak 88%. Dengan demikian Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Quran Dengan Metode STAD Siswa Kelas VIIIA SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015 terbukti berhasil.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan membaca al Qur’an, metode STAD, Siswa VIIIA
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 23 Feb 2015 10:21
Last Modified: 19 Oct 2021 13:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32032

Actions (login required)

View Item View Item