Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi auditor switching (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia)

INDRIASARI, MALINDA and , Dr. Noer Sasongko, SE, M.Si, Ak, CA, PIA (2014) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi auditor switching (Studi empiris pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (271kB)
[img] PDF (Halapan Depan)
HALAMAN AWAL.pdf

Download (329kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji pergantian manajemen berpengaruh terhadap auditor switching. Untuk menguji opini audit berpengaruh terhadap auditor switching. Untuk menguji financial distress berpengaruh terhadap auditor switching. Untuk menguji persentase perubahan ROA berpengaruh terhadap auditor switching. Untuk menguji ukuran KAP berpengaruh terhadap auditor switching. Untuk menguji reputasi auditor berpengaruh terhadap auditor switching. Sampel yang digunakan adalah perusahaan Food and Beverage, Tobacco, Agricultura, Paper, Pharmaceutical, dan perusahaan yang menyajikan informasi keuangan lengkap berupa informasi nama CEO, opini audit yang diberikan auditor, total aset, total hutang, total ekuitas, ROA (Return on Assets), dan nama KAP. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 37 perusahaan manufaktur selama 4 tahun berturut-turut. Analisis yang digunakan adalah analisis binary logistics regression dengan menilai model fit (overall model fit), koefisien determinasi, dan menilai kelayakan model regresi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui untuk menguji ketetapan model Hasil analisis regresi binary logistics dengan uji Wald bahwa pergantian manajemen, finansial distress, persentase perubahan ROA, ukuran KAP dan reputasi auditor dalam hal ini tidak berpengaruh terhadap auditor switching dibuktikan dengan nilai signifikansi > 0,05. Sedangkan opini audit sebesar 7,593 dengan signifikansi 0,006, hal ini berarti ada pengaruh opini audit terhadap auditor switching dibuktikan dengan nilai signifikansi < 0,05. Nilai Nagelkerke R2 = 0,766. Nilai Nagelkerke R2 dapat ditafsirkan sebagaimana R2 dalam metode OLS, yaitu bahwa X dapat menjelaskan Y sebesar 76,6 persen. Ketepatan model juga dapat dilihat dari Hosmer and Lemeshow Test. Jika signifikansi > 0,05 maka model dinilai fit/sesuai dengan data.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pergantian Manajemen, Opini Audit, Financial Distress, Persentase Perubahan ROA, Ukuran KAP, Reputasi Auditor, Auditor Switching
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 20 Feb 2015 08:21
Last Modified: 18 Oct 2021 04:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31985

Actions (login required)

View Item View Item