Hubungan antara budaya organisasi dengan Organizational citizenship behaviour (ocb) pada Pegawai dinas pendidikan kota cilegon

Sulistyowati, Fitri Eka and , Susatyo Yuwono ,S. Psi., M. Si., Psi. (2014) Hubungan antara budaya organisasi dengan Organizational citizenship behaviour (ocb) pada Pegawai dinas pendidikan kota cilegon. Skripsi thesis, Universitas muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (180kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (170kB)
[img] PDF (Bab 1)
04. BAB I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab 2)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab 3)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab 4)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab 5)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

OCB merupakan perilaku ekstra yang lebih dari biasanya diluar rutinitas waktu yang telah ditetapkan dalam jobdesk karyawan yang memberi kontribusi pada keefektifan serta keefisienan fungsi organisasi. Budaya organisasi yang sudah terinternalisasi akan mempengaruhi munculnya perilaku OCB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara budaya organisasi dengan OCB pada pegawai, mengetahui tingkat perilaku OCB pada pegawai, mengetahui budaya organisasi pada Dinas Pendidikan Kota Cilegon serta mengetahui seberapa besar peranan budaya organisasi terhadap perilaku OCB pada pegawai Dinas Pendidikan Kota Cilegon. Hipotesis yang diajukan oleh peneliti yaitu ada hubungan positif antara budaya organisasi dengan organizational citizenship behavior. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan 106 responden. Pengukuran menggunakan skala budaya organisasi yang berjumlah 40 aitem dan skala organizational citizenship behaviour yang berjumlah 50 aitem. Teknik analisis data yang digunakan korelasi product moment. Hasil analisis korelasi product moment diperoleh (r) sebesar 0,891 ; p = 0,000 (p < 0,05) yang berarti ada hubungan positif antara budaya organisasi dengan OCB. Sumbangan efektif budaya organisasi terhadap OCB menunjukkan koefisien determinan (r 2) sebesar 0,794, sehingga variabel budaya organisasi memberi sumbangan efektif sebesar 79,4% dalam mempengaruhi OCB pada pada pegawai Dinas Pendidikan Kota Cilegon, sedangkan sisanya 20,6% dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan hasil analisis diketahui variabel budaya organisasi mempunyai rerata empirik (RE) sebesar 95,87 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 75 yang berarti budaya organisasi pada subjek tergolong tinggi. Variabel OCB diketahui rerata empirik (RE) sebesar 125,69 dan rerata hipotetik (RH) sebesar 100 yang berarti OCB pada subjek tergolong tinggi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah ada hubungan yang sangat sigifikan antara budaya organisasi dengan OCB pada pegawai Dinas Pendidikan Kota Cilegon.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Budaya Organisasi, Organizational Citizenship Behaviour (OCB)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Murtini Murtini Murtini
Date Deposited: 20 Feb 2015 07:46
Last Modified: 16 Oct 2021 04:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/31978

Actions (login required)

View Item View Item